VIDEO: Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tingkat Kota Medan dan UKM Expo 2019

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Hari Koperasi Nasional ke 72 yang diselenggarakan di Purwokerto beberapa waktu lalu.

TRIBUN-MEDAN.com - Puluhan stan yang menampilkan produk-produk UKM hadir dalam UKM Expo Kota Medan 2019. Expo ini dirayakan bersama dengan Hari Koperasi Nasional ke 72 tingkat Kota Medan di Taman Gajah Mada Jalan Gajah Mada, Medan, Rabu (4/9/2019)

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Hari Koperasi Nasional ke 72 yang diselenggarakan di Purwokerto beberapa waktu lalu. Tema yang dibawakan adalah Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0.

Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Edliaty mengatakan pergerakan koperasi di Kota Medan sudah semakin maju. Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada sekitar 400 koperasi di Kota Medan.

"Baru kali ini kami lakukan penilaian koperasi sehat, ada 136 koperasi yang kita nilai. Kita juga akan berikan nanti rekomendasi pembukaan cabang koperasi di Medan," jelasnya.

Ia mengatakan dari 136 koperasi yang diberikan penilaian kebanyakan merupakan koperasi simpan pinjam. Menurutnya kehadiran koperasi ini sangat membantu masyarakat.

"Untuk sisanya kita akan lakukan secara bertahap karena keterbatasan waktu dan juga anggaran," jelasnya.

Acara ini diisi beragam kegiatan antara lain UKM Expo Kota Medan yang diisi Dinas Koperasi Kota Medan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan, dan Dinas Kebudayaan Kota Medan.

Selain itu ada pula enam pelaku UKM Kota Medan yang terdiri dari UKM Kuliner 37 stan, UKM Handycraft 30 stan, 6 koperasi, 3 Perbankan dan Jasa keuangan.

Ada pula lomba mewarnai tingkat anak lomba memanfaatkan limbah plastik menjadi bernilai ekonomis. Demo pembuatan lukisan dari bubuk teh, pembuatan bunga dari akrilik, dan pembuatan aksesoris.

Dinas Koperasi juga memberikan penghargaan kepada penggiat koperasi, tokoh pembina koperasi, koperasi cabang terbaik, koperasi terbaik berda penilaian koperasi, dan menyerahkan secara simbolis bantuan kepada pelaku UKM.

Wali Kota saat memberikan sambutan mengatakan, melalui peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopanas) dan UKM Expo 2019, diharapkan akan memicu koperasi dan UKM di Kota Medan untuk terlibat penuh aktif dalam perekonomian melalui usaha berbasis UKM dan Koperasi yang bersifat produktif.

"Selain itu melalui UKM Expo Kota Medan 2019, kita juga mengharapkan agar warga Kota Medan semakin maksimal mencintai produk-produk hasil karya pelaku UKM dan Koperasi lokal yang ada di Kota Medan," kata Wali Kota.

(cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved