KPU Sumut Sampaikan SK Penetapan Caleg DPRD Sumut Terpilih kepada Gubernur

Nanti Pemprov yang menyampaikan ke Kemendagri dan membahas masalah jadwal pelantikan.

KPU Sumut Sampaikan SK Penetapan Caleg DPRD Sumut Terpilih kepada Gubernur
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY SIREGAR
Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi Hukum dan Pengawasan Ira Wirtati. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Ira Wirtati mengemukakan pihaknya telah menyampaikan Surat Keputusan (SK) penetapan jumlah kursi dan caleg terpilih.

Surat itu kata Ira, disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui biro otonomi daerah untuk selanjutnya disampaikan ke Menteri Dalam Negeri guna persiapan pelaksanaan pelantikan.

"Nanti Pemprov yang menyampaikan ke Kemendagri dan membahas masalah jadwal pelantikan. Tugas kami sudah selesai begitu dokumen tersebut disampaikan," ujarnya, Kamis (5/9/2019).

Menurut Ira persoalan terkait permasalah jadwal dan teknis pelantikan, pihak pemerintahlah yang bertanggungjawab.

Selanjutnya, kata Ira KPU Sumut saat ini tengah melakukan persiapan pilkada serentak di 23 kabupaten dan kota serta evaluasi tahapan dan kampanye pada pemilu serentak lalu.

"Bagian teknis kami yang diwakili Pak Maruli sedang mengikuti evaluasi proses pemungutan suara di Labuhan Bajo seperti evaluasi pencalonan, evaluasi penataan dapil dan lainnya," katanya.

Baca: 100 Dewan Terpilih DPRD Sumut Dilantik Secara Sederhana, Hanya Diberi Makan dan Minum

Ira juga menjelaskan, KPU Sumut telah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan pilkada serentak terkait penandatanganan Naskah Perjanjiam Hibah Daerah (NPHD).

"Kami sedang melakukan inventarisir mana saja KPU kabupaten dan kota yang sudah deal dengan pemda setempat dan mana yang belum," tambahnya.

Menurut Ira, acapkali terjadi usulan KPU tidak diterima begitusaja oleh Tim Penyusun Anggaran Daerah (TPAD) mengingat kemampuan finansial daerah masing-masing.

"Sehingga kami meminta Pemprovsu dalam memfasilitasi KPU kabupaten dan kota untuk berkoordinasi dengan pemkot dan pemkab," imbuhnya.

Menurut Ira, tidak semua daerah belum mencapai kesepakatan, ada beberapa daerah yang pembahasan anggarannya sudah mengerucut.

"Seperti di Labuhanbatu, kemarin saya tanyakan mereka tinggal penandatanganan NPHD," ucapnya.

Ira mengaku belum dapat memberikan jumlah pasti, mengenai KPU mana saja yang sudah selesai mengenai usulan anggaran.

"Kami sedang menunggu karena kami juga mengetahui sebagian besar daerah telah melantik Anggota DPRD baru sehingga jajaran KPU kabupaten dan kota perlu mempresentasikan usulan anggarannya kembali," pungkasnya.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved