OJK dan BAPPEBTI Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Investasi Ilegal

Tim Kerja Satgas Waspada Investasi Pusat, dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)

OJK dan BAPPEBTI Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Investasi Ilegal
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Kepala OJK Regional 5 Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Yusuf Ansori, Ketua Satgas Waspada Investasi Pusat, Tongam Lumban Tobing dan Kepala Biro Peraturan dan Perundang-undangan BAPPEBTI, M. Syst. saat sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan kegiatan investasi ilegal di Cambridge Hotel Medan, Kamis (5/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-
Guna meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai investasi ilegal, Tim Kerja Satgas Waspada Investasi Pusat, dalam hal ini OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) menggadakan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan kegiatan investasi ilegal di Cambridge Hotel Medan, Kamis (5/9/2019).

Kepala OJK Regional 5 Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Yusuf Ansori mengatakan tingkat kesadaran dan kemampuan
masyarakat dalam melakukan investasi semakin meningkat. Namun demikian peningkatan tingkat kesadaran dan
kemampuan investasi tersebut tidak diimbangi dengan meningkatnya tingkat
literasi di bidang keuangan serta kemampuan teknologi, sehingga menjadikan masyarakat cukup rentan
untuk dijadikan objek penipuan.

"Kegiatan sosialisasi waspada investasi ilegal sebagaimana kita ketahui tingkat kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam rangka investasi semakin meningkat. Namun demikian peningkatan tingkat kesadaran dan kemampuan investasi tersebut tidak diimbangi dengan tingkat literasi di bidang keuangan serta kemampuan teknologi," ucap Yusuf.

Kondisi demikian, sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menawarkan jasa atau produk keuangan atau jenis-jenis investasi yang menjanjikan keuntungan yang tinggi. Tidak jarang pula praktek-praktek
penawaran investasi tersebut juga memanfaatkan figur-figur yang cukup dikenal di masyarakat dengan menggunakan berbagai ragam media.

"Maraknya penawaran investasi ilegal inilah yang menjadi alasan perlunya dilakukan pencegahan dan penanganan
yang efektif untuk setiap dugaan tindak pidana di bidang penghimpunan dana
masyarakat dan pengelolaan investasi, sehingga tidak menimbulkan korban dan
kerugian materi yang lebih banyak lagi," ujar Yusuf.

Dijelaskannya, akhir-akhir ini sejumlah kegiatan investasi ilegal yang dilakukan perusahaan yang tidak memiliki izin baik dari OJK maupun dari instansi lain. Selaku regulator, dalam berbagai bentuk
skema, seperti money game, ponzy, MLM, dan masih banyak lagi. Perlu kerjasama antara masyarakat dan instansi yang berwenang untuk mencegah hal serupa terus muncul lagi.

"Apa yang kita lakukan pada hari ini merupakan salah satu upaya dalam melakukan pencegahan tindak pidana
melawan hukum di bidang
penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi. Sehingga
kedepannya, masyarakat Sumatera Utara lebih cerdas dalam memilih produk investasi yang benar, bukan hanya tergiur dengan imbal hasil yang ditawarkan tapi juga harus jelas izin dan legalitas usahanya," ungkapnya.

Saat ditanya Tribun Medan, modus-modus investasi ilegal dari kasus yang mencuat terutama di Medan dan sekitarnya. Dijelaskannya, bahwa di Sumut juga memiliki Tim Satgas Waspada Investasi dengan beranggotakan antara lain OJK, Kepolisian, Kejaksaan, Dinas Koperasi dan UKM, BKPM, Kominfo, Dinas Perdagangan dan sebagainya.

"Secara periodik kita ada pertemuan atau rapat untuk membahas kasus-kasus kalau ada informasi dari anggota Satgas Waspada Investasi Sumut mengenai praktek investasi illegal. Sebagaimana tadi dinyatakan oleh salah satu anggota Tim Satgas Waspada Investasi dari Kepolisian bahwa Sumut sampai saat ini masih aman dari institusi melakukan pengelolaan investasi illegal. Sehingga dari beberapa kali belum ada ditemukan praktek investasi illegal tersebut oleh masing-masing anggota Satgas Waspada Investasi Sumut," kata
Yusuf.

Ia berharap agar pelaksanaan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat kepada
seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Sumut.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved