Perkuat Pemahaman Internasional, HMI Sumut dan Perserta LK3 Kunjungi Konsul Jendral Amerika

Kalau cak Nur di tahun 60-an saja sudah dapat, kenapa kita hari ini tidak. Kunjungan atau mungkin beasiswa belajar di Amerika

Perkuat Pemahaman Internasional, HMI Sumut dan Perserta LK3 Kunjungi Konsul Jendral Amerika
TRIBUN MEDAN/HO
Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah Konsul Amerika Serikat di Jalan Walikota, Kota Medan, Kamis (5/9/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah Konsul Amerika Serikat, di Jalan Walikota, Kota Medan, Kamis (5/9/2019).

Kunjungan ini dilakukan oleh pengurus Badko HMI sebagai rangkaian kegiatan latihan kader yang sudah diberlangsungkan sejak 31 Agustus 2019 lalu.

Ketua Umum Badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi, pengurus dan peserta Latihan Kader (LK) 3 diterima Konsul Amerika Serikat, Guy Margalith di dampingi Rachma Jaurinat staff ahli bidang politik dan ekonomi.

Dalam sambutannya, Hasbi menjelaskan maksud dari kunjungan tersebut adalah mengenalkan kondisi dunia Internasional kepada peserta Latihan Kader III maupun pengurus Badko HMI Sumut.

Hal ini penting menurut Hasbi mengingat para pengurus maupun peserta pelatihan didorong untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang. Pemahaman Internasional menurut Hasbi menjadi salah satu pengetahuan yang wajib di miliki jika ingin menjadi pemimpin.

"Awalnya kita ucapkan terimakasih kepada Konsulat Amerika Serikat yang sudah bersedia Kami. Kehadiran kami di sini merupakan rangkaian dari kegiatan Latihan Kader 3. Tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan Kader pemimpin, dan pengetahuan yang wajib dimiliki seorang pemimpin adalah soal dunia Internasional, hal inilah yang menjadi alasan kami kemari, belajar tentang dunia Internasional" jelas Hasbi.

Lebih lanjut Hasbi menjelaskan pemilihan Konsulat Amerika karena negara paman Sam tersebut turut masuk dalam satu sejarah HMI khususnya penulisan NDP oleh Nurcholis Majid.

"Kami ke Konsulat Amerika ini karena HMI punya catatan penting tentang negara Amerika. Dulu cak Nur diberikan kesempatan berkunjung ke Amerika, sisa dana yang dimilikinya digunakan mengelilingi Timur Tengah, hal itulah yang menjadi sejarah dirumuskannya NDP. Kalau cak Nur di tahun 60-an saja sudah dapat, kenapa kita hari ini tidak. Kunjungan atau mungkin beasiswa belajar di Amerika," lanjut Hasbi.

Sementara itu, Guy dalam sambutannya mengucapkan sangat berterima kasih kepada Badko HMI Sumut karena mau berkunjung dan mengenalkan kepada beliau terkait HMI dan perkembangan HMI di Indonesia secara umum dan terkhusus di Sumatera Utara.

"Saya sangat berterima kasih kepada bapak Alwi Hasbi Silalahi, karena beliau mau berkunjung dan mengajak pengurus serta peserta training untuk mengenalkan HMI kepada saya dan melakukan studi terkait perkembangan Islam di Amerika" Ungkap Guy.

Dalam kunjungan tersebut Badko HMI Sumatera Utara dan seluruh peserta melakukan dialog dua arah terkait perkembangan islam, perkembangan HMI serta isu-isu terkini yang menjadi pembicaraan dunia internasional.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved