Terpidana Mulia Syahputra Nasution Ditetapkan Jadi Caleg Terpilih, Begini Penjelasan KPU dan Bawaslu

Kejadian tersebut,kata Rinaldi berawal dari surat yang masuk ke KPU Medan perihal status calegnya atas nama Mulia Syahputra Nasution.

Terpidana Mulia Syahputra Nasution Ditetapkan Jadi Caleg Terpilih, Begini Penjelasan KPU dan Bawaslu
Facebook
Caleg Gerindra Mulia Syahputra Nasution Terpidana Penganiayaan 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Anggota KPU Kota Medan, M. Rinaldi Khair mengungkapkan perihal status caleg terpilih atas nama Mulia Syahputra Nasution yang ditetapkan menjadi pemenang pileg di dapilnya, meskipun terjerat kasus hukum.

Kepada Tribun/www.tribun-medan.com, Rinaldi mengungkapkan kronologis dan alasan KPU Medan masih meloloskan caleg Partai Gerindra itu meskipun statusnya telah terpidana.

Kejadian tersebut,kata Rinaldi berawal dari surat yang masuk ke KPU Medan perihal status calegnya atas nama Mulia Syahputra Nasution.

"Kami menjawab surat yang masuk dari Partai Gerindra menanyakan konfirmasi status caleg atas nama Mulia Syahputra Nasution yang terlibat kasus pidana umum," ujarnya, Kamis, (5/9/2019).

Dikatakannya,  melalui surat resmi KPU Medan  meminta hasil klarifikasi terkait pelaporan terhadap Mulia syahputra yg telah ditangani bawaslu.

Dikatakannya, Bawaslu Medan mengeluarkan hasil klarifikasi yang menyatakan tidak adanya pelanggaran dari caleg yang bersangkutan dengan mengeluarkan hasil investigasi Bawaslu no.1701/K.Bawaslu Provsu-28/DM/05.02/06/2019.

"Kemudian kami meminta konfirmasi dari pihak pengadilan terkait statusnya, bagaimana dakwan dan putusannya. Ternyata kami mendapatkan keterangan bahwa yang bersangkutan dikategorikan tindak pidana ringan atau di bawah lima tahun," jelasnya.

Rinaldi menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapatkan dari pengadilan, caleg tersebut telah menjalankan masa tahanannya.

"Dia (Mulia) telah menjalankan masa tahanannya selama 20 hari dan usai sidang digelar dia bebas murni karena putusannya yakni kurungan selama 20 hari, tapi silakan konfirmasi ke Kejaksaan agar lebih jelas," tambahnya.

Dari kesimpulan tersebut, kata Rinaldi dan hasil investigasi Bawaslu maka KPU Medan menetapkan Mulia masih dapat menyandang status Memenuhi Syarat (MS) untuk pencalonannya.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved