XL Axiata Youth Leadership Camp 2019, Siapkan Pelajar Sumatera Hadapi Revolusi Industri 4.0

Program ini telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

XL Axiata Youth Leadership Camp 2019, Siapkan Pelajar Sumatera Hadapi Revolusi Industri 4.0
Tribun Medan/Riski Cahyadi
Peserta pelajar mengikuti XL Axiata Youth Leadership Camp 2019 di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Jalan Bunga Raya, Medan, Sumatera Utara, Jumat (6/9/2019).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia kembali menyelenggarakan program pengembangan kepemimpinan dan karakter "XL Axiata Youth Leadership Camp (XYLC) 2019".

Sebanyak total 600 siswa setingkat SMA dan SMK mengikuti program tahunan yang akan berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Jumat (6/9/2019).

Turut hadir membuka acara XL Axiata Youth Leadership Camp (XYLC) 2019 ini, Head of Sales Greater Medan, Horas Lubis bersama Kepala Dinas Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, Afrizal Sihotang, ST, M,Si yang berlokasi di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Jalan Bunga Raya No. 96, Medan, Sumatera Utara.

Diakui Horas, program ini telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Acara ini bertujuan menyiapkan para pelajar untuk mampu menghadapi revolusi industri 4.0 di masa mendatang, yang saat ini sebenarnya sudah mulai berlangsung.

"Upaya untuk ikut serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia terus kami kembangkan, tidak terkecuali di Sumatera, XYLC di Medan ini diikuti oleh para pelajar dari sejumlah kota dan kabupaten di Sumatera Utara dan Aceh, ucap Horas.

"Materi yang diajarkan dalam pelatihan selama dua hari kedepan ini sangat penting dimiliki oleh semua pelajar karena bersifat pengetahuan dan keahlian yang paling urgen untuk mereka (pelajar) miliki guna menghadapi perubahan zaman dimana kita sedang dalam tahap memasuki era Revolusi Industri 4.0," ujarnya.

Head of Sales Greater Medan Horas Lubis (kedua kiri) menyerahkan rompi kepada Peserta pelajar saat mengikuti XL Axiata Youth Leadership Camp 2019 di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Jalan Bunga Raya, Medan, Sumatera Utara, Jumat (6/9/2019).Tribun Medan/Riski Cahyadi
Head of Sales Greater Medan Horas Lubis (kedua kiri) menyerahkan rompi kepada Peserta pelajar saat mengikuti XL Axiata Youth Leadership Camp 2019 di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Jalan Bunga Raya, Medan, Sumatera Utara, Jumat (6/9/2019).Tribun Medan/Riski Cahyadi (Tribun Medan/Riski Cahyadi)

Materi soft skill atau keahlian yang diajarkan dalam XYLC ini kemungkinan tidak disampaikan di sekolah-sekolah umum. Padahal materi-materi tersebut justru bisa menjadi panduan bagi para pelajar dan generasi muda agar bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan zaman yang sangat cepat seiring dengan penerapan teknologi digital yang juga sangat pesat kemajuannya di berbagai ranah kehidupan.

"Soft skill atau yang dikenal dengan transversal skill yang diajarkan di acara ini merupakan keahlian yang dibutuhkan di semua bidang kerja. Kemampuan ini mencakup kreativitas,
imaginasi, intuisi, emosi, dan etik yang sangat bermanfaat dalam membangun interaksi
sosial," katanya.

Ia menjelaskan sesuai rumusan World Economic Forum, kemampuan atau soft skills yang perlu dimiliki oleh semua orang saat ini, antara lain kemampuan menyelesaikan permasalahan, berpikir kritis, kolaborasi dan koordinasi, komunikasi, serta kemampuan kognitif yang baik.

"Tujuan utama diadakannya XYLC ini adalah untuk menciptakan generasi muda dengan kualitas daya saing tinggi yang adaptif terhadap perubahan yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0. Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan serangkaian topik pelatihan yang sesuai, yaitu berpikir kritis dan kreatif, bicara di depan umum, kolaborasi secara digital, media sosial yang menginspirasi, pemecahan masalah, kecerdasan emosi, serta kepemimpinan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved