Pemakalah dari Jawa dan Sumatera Meriahkan SNASTIKOM ke-6 Universitas Harapan Medan

Target yang ditentukan dalam tahun ini katanya sesuai yang diharapkan sebab semakin meningkatnya peserta hingga mencapai 20% dibandingkan yang lalu.

Pemakalah dari Jawa dan Sumatera Meriahkan SNASTIKOM ke-6 Universitas Harapan Medan
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Kemeriahan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM) ke-6 dengan mengusung tema Tren Tehnologi Digitalpreneur dan Creativepreneur dalam pengembangan Industri Kreative 4.0 di Universitas Harapan Medan, Jalan HM. Joni Nomor 70 C, Teladan Baru Sabtu (7/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Untuk memicu dan memperbanyak munculnya inovasi serta ilmu-ilmu baru dibidang digitalpreneur dan Creativepreneur, Universitas Harapan jurusan Teknik Informatika kembali menggelar Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM) ke-6.

Kepala Program Studi Tehnik Informatika, Abdul Jabbar Lubis mengatakan bahwa Kegiatan ini diikuti oleh 177 peserta dan partisipan, serta 63 pemakalah yang berasal dari pulau Sumatera dan Jawa.

Ia mengatakan bahwa SNASTIKOM merupakan kegiatan rutin, yang diselenggarakan oleh program studi Tehnik Informatika sejak tahun 2012, dan ini merupakan kali ke 6.

"Seharusnya yang ke-7 tapi karena tahun 2018 kemarin ada transisi dari sekolah tinggi ke Universitas makanya ini jadi ke-6. Tujuan utama kegiatan ini saling sharing antar akademisi maupun praktisi tentang ilmu baru terutama di bidang tehnik informatika," katanya

Ia mengatakan SNASTIKOM dapat menjadi sarana para peneliti, akademisi, praktisi hingga mahasiswa untuk dapat saling bertukar informasi dan pengetahuan.

Target yang ditentukan dalam tahun ini katanya sesuai yang diharapkan sebab semakin meningkatnya peserta hingga mencapai 20% dibandingkan yang lalu.

"Ini juga menjadi sarana menulis bagi para dosen, diharapkan ada publikasi dari dosen di berbagai jurnal khususnya yang terindeks, apalagi sekarang dosen dalam pengurusan kepangkatan, beban kerja tersertifikasi harus memiliki publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal nasional hingga internasional," katanya.

Selanjutnya Ia mengatakan tulisan para dosen akan dipublish di SNASTIKOM dan akan diindeks di Google Schoolar.

"Tahun 2017 kita sudah pernah mengadakan kegiatan Internasional Conference, dan rencananya setelah SNASTIKOM ini kita akan mengadakan Internasional Converence, dan antusias para dosen untuk menulis di Internasional Converence sudah cukup banyak," katanya.

Ia menambahkan bahwa diakhir acara beberapa paper terbaik akan diberi reward hingga dipublis skala Internasional.

"Diharapkan kegiatan ini bisa terus berkesinambungan dan dapat tetap eksis, juga semoga peserta tahun berikutnya tidak hanya berasal dari pulau Jawa dan Sumatera saja tapi dadi beberapa kota di Indonesia," katanya.

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved