Koleksi Tiga Emas, Kontigen Medan Sunggal Juara Umum Cabor Panahan Porkot Medan 2019

Kontingen kecamatan Medan Sunggal tampil sebagai juara umum untuk cabang olahraga (Cabor) panahan pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan 2019.

Koleksi Tiga Emas, Kontigen Medan Sunggal Juara Umum Cabor Panahan Porkot Medan 2019
Tribun Medan / Chandra
Para atlet panahan kota Medan saat mengikuti event Porkot Medan 2019 bertempat di Lanud Soewondo, Sabtu (7/9/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kontingen kecamatan Medan Sunggal tampil sebagai juara umum untuk cabang olahraga (Cabor) panahan pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan 2019 yang tuntas digelar di Lanud Soewondo, Polonia, Minggu (8/9/2019) sore.

Raihan juara tersebut diperoleh usai mengumpulkan 3 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Masing-masing medali emas bagi kecamatan Medan Sunggal disumbangkan oleh Dzaki Darmawan yang turun di kategori U23 putra, Daffa Akmal U15 putra serta Nediva U12 putri. Sedangkan medali perak diraih Khairuddin yang turun di kategori Compound dan medali perunggu disumbang Azka dari kategori U23 putri.

Di posisi Runner up ditempati kecamatan Medan Selayang dengan Raihan 1 medali emas dan tiga medali perak. Medali emas bagi Medan Selayang disumbangkan Shiellsy Revioza dari kategori Recurve putri. Sedangkan medali perunggu disumbang Ghassan (U23 putra), Ridhofi (U15 putra) dan Tegar (U12 putra).

Sementara itu, posisi ketiga diraih kecamatan Medan Helvetia dengan Raihan 1 emas, 1 perak, dan 2 medali perunggu. Medali emas disumbangkan oleh Bayu dari kategori Recurve putra. Petak dari Irfan kategori Recurve putra. Medali perunggu disumbang M Aric dari kategori U23 putra dan Rahmad yang turun di kategori Compound.

Ketua Panpel Cabor panahan Robby Cahyadi mengatakan, ada sebanyak 71 atlet putra-putri dari 16 kecamatan se kota Medan yang mengikuti Porkot tahun ini. Untuk Cabor panahan, mempertandingkan kategori Standard Bow (Ronde nasional) untuk kelompok umur U12, U15, dan U24 (putra-putri), Recurve umum putra/putri serta Compound umum putra. Total ada 9 kategori yang dipertandingkan.

"Pelaksanaan pertandingannya dua hari dari tanggal 7-8 September. Jarak yang dipertandingkan mulai 20 meter, 30 m, 40 m, 50 m, hingga 70 m," ucapnya.

Robby menjelaskan, selain diikuti lebih banyak peserta, jumlah kecamatan yang mengirimkan atlet pada Porkot tahun ini juga meningkat. Jika tahun lalu Porkot diikuti 12 kecamatan maka tahun ini sudah bertambah 4 kecamatan. Dia pun berharap, ke depan Cabor panahan semakin diminati para atlet muda dan mampu diikuti oleh seluruh kecamatan se kota Medan.

"Empat tahun kepemimpinan ketua Perpani Medan Fadilah Hutri Lubis terus meningkat. Dulu mulai dari tujuh kecamatan hingga sekarang sudah mencapai 16. Targetnya bisa nanti sampai seluruh 23 kecamatan," terangnya.

Lebih lanjut kata Robby, dari Porkot tahun ini, diharapkan bisa muncul bibit-bibit potensial yang nantinya akan menjadi atlet binaan Perpani dan KONI Medan. Para atlet yang mampu menjadi juara nantinya juga akan menjadi regenerasi bagi atlet senior binaan KONI kota Medan saat ini.

"Yang mau ditonjolkan dari Porkot adalah mencari bibit pemenang untuk jadi atlet binaan. Kalau dari atlet binaan KONI dia harus lebih meningkat lagi jadi atlet provinsi dan harus berkembang dan maju terus," harapnya.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved