Ribuan Warga Sumut Akan Hadiri Ibadah Raya Spritualitas Danau Toba dan Gunung Sinabung di Karo

Kalangan Pendeta, Pastor, Penatua, Diaken semua memakai pakaian jabatan lengkap/toga, sesuai dengan aturan Gereja masing-masing

Ribuan Warga Sumut Akan Hadiri Ibadah Raya Spritualitas Danau Toba dan Gunung Sinabung di Karo
Tribun Medan
Acara pembentukan panitia Spritulaitas Danau Toba dan Gunung Sinabung di Kantor Pusat GKPS, Kota Pematangsiantar beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com - Panitia Danau Toba Gunung Sinabung (DTGS) menggelar acara Spritualitas bagi DTGS dengan bentuk Ibadah Spritulitas Bagi DTGS pada Jumat 13 September 2019 bertempat di Jambur Gerga Mulawari, Kabanjahe, Karo.

Acara ini digelar guna membangun kesadaran kerohanian (spritualitas) dalam hal memandang dan memperlakukan Danau Toba dan Gunung Sinabung sebagai karunia Tuhan bagi masyarakat di kawasan Danau Toba dan Gunung Sinabung.

Adapun tema acara yaitu “Datanglah Ya Roh Kudus Perbaharuilah Seluruh Ciptaan, dan sub tema : “ Membangun Kawasan Danau Toba Gunung Sinabung Berbasis Spritulitas”.

“Untuk mensukseskan acara ini, Panitia Pusat DTGS sebagai pelaksana, bekerjasama dengan panitia lokal yang dibentuk Pemkab Karo untuk mewujudkan putusan dan hal-hal yang bersifat teknis,” kata Sarluhut Napitupulu, Humas panitia Pusat DTGS kepada media, Minggu 8 September 2019.

Ditambahkan Sarluhut, acara ibadah I Spritualitas nantinya akan diikuti Pelayan dan Umat Tuhan sebanyak 5000 orang.

Kalangan Pendeta, Pastor, Penatua, Diaken semua memakai pakaian jabatan lengkap/toga, sesuai dengan aturan Gereja masing-masing. Sedang Guru Sekolah Minggu memakai seragam masing-masing,” katanya.

Adalah Sihar PH Sitorus, Ketua Umum Panitia Pusat DTGS. Kepanitiaan yang dipimpin Sihar PH Sitorus ini dibentuk oleh 14 Pimpinan Gereja Lutheran yang ada di Sumut : HKBP, GBKP, HKI, GKPS, GPP, KATOLIK, GMII, GKPPD, GKLI, ONKP, AMIN, GKPA, BNKP dan lembaga gereja dunia CCA dan FEM/UEM.

Kepanitiaan itu sendiri dilantik oleh 14 pimpinan Gereja pada 5 Januari 2019 di rumah dinas Ephorus GKPS Pdt Rumanja Purba M,Si di Pematangsiantar di sela sela acara ibadah syukur awal tahun 2019. Dan Pendeta Saut Sirait STH, MTH, ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana DTGS.

“Dengan Ibadah Spritulitas ini, saya berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat pentingnya DTGS terhadap kehidupan masyarakat Sumatera Utara. Bukan hanya sekedar fisik dari danau dan gunungnya saja tetapi juga mengenai seluruh lapisan yang terkandung di dalamnya. Baik itu budaya, makhluk hidup lainnya dan terutama masyarakat yang tinggal di sekitarnya,” kata Ketua Umum Panitia Pusat DTGS Sihar PH Sitorus.

Ditambahkan Sihar PH Sitorus, bahwa sebagai Ketua Umum panitia Pelaksana DTGS, ia mengajak masyarakat, gereja dan seluruh elemen yang ada di sekitar kawasan DTGS untuk melihat Danau Toba dan Gunung Sinabung sebagai anugrah dan berkat Tuhan yang harus dijaga.

Halaman
12
Penulis: Sally Siahaan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved