Beber 700 Mahasiswa Pulkam ke Papua, Kapolda Papua Ungkap Ada yang Merasa Tak Aman

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja mengatakan, hingga kini sudah ada 700 mahasiswa asal Papua memilih pulang kampung.

Beber 700 Mahasiswa Pulkam ke Papua, Kapolda Papua Ungkap Ada yang Merasa Tak Aman
KOMPAS.com/ JOHN ROY PURBA
Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja mengatakan, hingga kini sudah ada 700 mahasiswa asal Papua memilih pulang kampung.

Rudolf mengatakan, ada beberapa indikasi yang membuat para mahasiswa tersebut pulang kampung, salah satunya adalah adanya seruan dari kelompok tertentu.

"Ya ada (sebagian) merasa tidak aman, kemudian disuruh oleh kelompok-kelompok untuk kembali, kemudian membaca di media sosial bahwa mereka akan kuliah di universitas di tanah Papua. Tapi adik-adik kita ini harus berpikir rasional," ujar Rudolf, di Jayapura, Senin (9/9/2019).

Rudolf menyayangkan tindakan para mahasiswa tersebut dan menilai mereka harus dihindari dari kepentingan pihak tertentu yang ingin memperkeruh situasi di Papua.

"Jangan sampai adik-adik kita ini menjadi korban dari kepentingan-kepentingan elit-elit atau kelompok-kelompok. Ini yang harus kita cegah karena anak-anak ini adalah aset-aset bangsa yang perlu kita perhatikan masa depannya," kata Rudolf.

Rudolf mengatakan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menjamin keamanan seluruh mahasiswa asal Papua yang berada di berbagai daerah di Indonesia. 

"Kapolri sudah menyampaikan, seluruh Polda akan menjamin keamanan dan rasa aman adik-adik mahasiswa kita dimana pun mereka kuliah di luar tanah Papua dan itu jaminan dari kita," katanya.

Hingga kini, Polda Papua telah mencatat sudah 700 mahasiswa kembali ke Papua, yang terbanyak dari Manado, Sulawesi Utara, sekitar 300 orang.

Sebelumnya diberitakan, Sekitar 300 mahasiswa asal Papua yang sebelumnya berkuliah di sejumlah daerah di Indonesia, kini telah kembali ke Papua.

Mengetahui hal tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku kaget karena sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri telah memberikan jaminan keamanan bagi mahasiswa dan pelajar asal Papua yang menempuh pendidikan di luar Papua.

"Memang sudah ada imbauan dari kami, saya arahkan waktu itu, kalau di NKRI tidak aman, kami pulangkan. Tapi ini aman, kenapa pulang, untuk apa?" tutur Lukas. (Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut Kapolda, Ini Alasan 700 Mahasiswa Asal Papua Pilih Pulang Kampung"

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved