Bidik Emas PON 2020, FOPI Sumut Siapkan Program Lanjutan

Ibrahim menjelaskan, setelah berakhir masa transisi, para atlet Petanque Sumut akan kembali menjalani program pemusatan latihan provinsi.

Bidik Emas PON 2020, FOPI Sumut Siapkan Program Lanjutan
Tribun Medan / Chandra
Ketua umum pengprov FOPI Sumut Liliana Puspa Sari (tiga kanan) bersama pelatih dan atlet petanque Sumut saat berlaga di Pra-PON yang digelar di Jakarta 26-31 Agustus 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Usai meraih tiket lolos berlaga di PON Papua tahun 2020, Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumut akan kembali mempersiapkan program latihan lanjutan bagi para atletnya.

Ketua Harian FOPI Sumut, Ibrahim mengatakan setelah melakoni babak kualifikasi PON, para atlet Petanque memang masih menjalani waktu transisi selama dua Minggu untuk tidak melakukan latihan yang terlalu berat.

"Walaupun ada isu pencoretan Petanque, kita tetap akan latihan terus. Sekarang masih waktu transisi jadi tidak masuk program, paling ada latihan-latihan kecil. Kita latihan hampir setiap hari di STOK Binaguna karena atlet juga menginap disana," ujarnya, Senin (9/9/2019).

Ibrahim menjelaskan, setelah berakhir masa transisi, para atlet Petanque Sumut akan kembali menjalani program pemusatan latihan provinsi.

Pihaknya siap kembali menjalankan seluruh program latihan termasuk rencana uji coba maupun try out bagi para atlet.

"Kalau dari program saya ada rencana try out, gambarannya ada ke luar negeri, kalau memungkinkan juga dari KONI. Karena kalau ke Jawa kan makin mahal, lebih murah ke Malaysia atau Thailand," terangnya.

Lebih lanjut kata Ibrahim, cabor Petanque memiliki peluang besar untuk menyumbangkan medali emas pada PON mendatang. Berkaca dari Pra-PON saja, tim Sumut mampu mendulang dua keping emas.

Karena itu Ibrahim yakin jika performa atletnya mampu tampil sebaik saat Pra-PON kemarin maka minimal cabor Petanque akan bisa menyumbangkan dua emas bagi Sumut.

"Perjuangan atlet di Pra-PON sangat luar biasa. Sangat potensial peluang menyumbang medali di PON karena ada 11 nomor dengan atlet 4 putra dan 4 putri bahkan lebihbdua emas pun bisa kita raih," ungkapnya.

Dia pun berharap selama persiapan menuju PON , para atlet tetap menjaga kondisinya masing-masing. Selain itu dia juga mengingatkan agar atlet Petanque Sumut tetap disiplin berlatih dan meningkatkan kemampuannya.

"Harapannya atlet tetap menjaga kondisi dan meningkatkan kemampuan baik dari segi teknik, mental dan strategi. Dan terus semangat latihan. Jawa timur sama Aceh akan jadi saingan berat kita di PON," tutupnya.

Sekadar Informasi, Kontingen cabang olahraga Petanque Sumatera Utara memastikan diri berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020, setelah sukses merebut juara ketiga pada Pra-PON yang digelar di Jakarta 26-31 Agustus 2019.

Di babak kualifikasi PON tersebut, tim Petanque Sumut meraih dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved