Lakukan Aksi di Kejati, Gerakan Mahasiswa Desak Periksa Kanwil Kemenag Sumut Terkait Pungli KSM

"Tergantung bukti yang diperoleh kalau cukup bukti kita tingkatkan ke dik (penyidikan) setelah selesai dik baru dibawa ke pengadilan," tutupnya.

Lakukan Aksi di Kejati, Gerakan Mahasiswa Desak Periksa Kanwil Kemenag Sumut Terkait Pungli KSM
Tribun Medan / Victory
Gerakan Mahasiswa Pemarhati Keadilan (GMPK) Sumut desak Kejaksaan Tinggi Sumut untuk pengusutan kasus dugaan korupsi oleh pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gerakan Mahasiswa Pemarhati Keadilan (GMPK) Sumut desak Kejaksaan Tinggi Sumut untuk pengusutan kasus dugaan korupsi oleh pihak Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, Selasa (10/9/2019).

Amatan Tribun, massa aksi tampak melakukan aksi dengan menggunakan pengeras suara dan beberapa karton bertuliskan 'Bersihkan Kemenag Sumut dari Mafia korupsi'.

Koordinator Aksi, Solahudin Tanjung menegaskan pihaknya menduga adanya pengumpulan pungli untuk siswa dalam kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Sumatera Utara di Kanwil Kemenag Sumut.

"Diantaranya yakni dugaan mobilisasi siswa Madrasah Aliyah, MAN, MTSN, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) untuk Kegiatan Sains Madrasah (KSM). Namun untuk kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membayar Rp 35 ribu. Jika dijumlahkan totalnya mencapai Rp 2 miliar," katanya.

Selain itu menurut Tanjung, juga terdapat beberapa persoalan lain yakni dugaan pungli dan KKN pada mutasi jabatan dengan pungutan pada kisaran angka Rp 50 hingga Rp 300 juta.

Bahkan pihaknya menemukan adanya dugaan pengakomodiran percetakan sampul rapor khusus di beberapa kelas MIN, MTSn dan MAN yang diduga bernilai 40 ribu.

"Kami meminta Kejatisu segera periksa Kepala Kanwil Kemenag Sumut dan seera tangkap jika bersalah. Ini demi mewujudkan Sumut yang bermartabat," tegasnya.

Solahudin menegaskan pihaknya mendukung penuh Kejati dalam mengusut tuntas adanya dugaan pungli pada kegiatan KSM.

"Serta kami menegaskan agar dalam pengusutannya, Kejati supaya transparan dan segera periksa Kakanwil Kemenag Sukut dan tangkap jika terbukti bersalah. Juga adanya dugaan mutasi jabatan di Kanwil Kemenag Sumut,"

Aksi unjuk rasa ini diterima okeh Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian. Ia mengatakan pihaknya sudah memproses kasus dugaan pungli tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved