Pemkab Tobasa Kerja Sama Penerimaan Daerah Online dengan Bank Sumut

Kerjasama tersebut perihal monitoring penerimaan pajak daerah secara online dengan Bank Sumut.

Pemkab Tobasa Kerja Sama Penerimaan Daerah Online dengan Bank Sumut
TRIBUN MEDAN/HO
Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut TM Jeffry bersama Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus seusai penandatangan kerjasama perihal monitoring penerimaan pajak daerah secara online dengan Bank Sumut. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- PT Bank Sumut menjalin kerjasama resmi dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Kerjasama tersebut perihal monitoring penerimaan pajak daerah secara online dengan Bank Sumut

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, TM Jeffry, mengatakan, sebagai Bank Daerah, Bank Sumut diberi Amanah untuk ikut mampu menggerakkan perekoomian Daerah. 

“Bank Sumut juga selalu meningkatkan pelayanan dan produk yang diberikan untuk diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat dan Pemerintah terutama di Kabupaten Toba Samosir,” ujarnya.

Ia menuturkan, aplikasi penerimaan daerah online melalui alat perekam transaksi merupakan layanan Bank Sumut untuk membantu Pemkab Tobasa dalam hal meningkatkan penerimaan daerah.

“Bank Sumut telah memiliki beragam produk dan layanan perbankan dan saluran e-channel diantaranya layanan Cash Management System (CMS) Kasda, Samsat Online, Layanan Multibiller berbagai tagihan, dan juga ATM serta SMS Banking Bank Sumut,” tuturnya.

Wakil Bupati Toba Samosir, Hulman Sitorus, mengimbau agar seluruh masyarakat khususnya wajib pajak di wilayah Toba Samosir saling bekerjasama membangun daerah Toba Samosir yang akan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

“Salah satu upaya utk pembangunan wilayah Toba Samosir adalah peran serta wajib pajak untuk membayar pajak restoran, hotel dan hiburan tepat waktu dan tepat jumlah tidak ada lagi manipulasi pajak,” terangnya.

Ia menjelaskan, tidak lagi ada permainan dengan petugas pajak dan salah satu upaya untuk peningkatan dan optimalisasi pajak daerah adalah dengan memasang perangkat perekam transaksi ditempatkan pada lokasi usaha wajib pajak hotel, restoran dan hiburan agar wajib pajak menyetorkan pajak yang dititipkan ke pengusaha selaku wajib pungut (wapu) secara transparan dan akuntable.

“Karena seluruh transaksi yang telah terekam transaksi akan tercatat di kantor BPKAD Toba Samosir dan termonitor terus secara realtime online sehingga memudahkan wajib pajak utk melaporkan jumlah pajak yang seharusnya di setor ke rekening kas umum daerah,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, alat perekam transaksi untuk memonitor penerimaan daerah kerjasama Bank Sumut dengan Pemkab Tobasa sendiri telah berhasil diuji coba dan dipasang di 5 tempat diantaranya Restoran Sinar Minang, Green Café, Café Lagos, Hotel Sere Nauli dan Hotel GM Marsaringar. 

“Melalui peningkatan setoran pajak daerah tepat waktu dan tepat jumlah, maka masyarakat khusus nya wilayah toba samosir telah berperan aktif turut serta membangun daerah toba samosir,” ungkapnya.

Selain melaunching kerjasama penerimaan daerah online, Bank Sumut juga menggelar gathering serta sosialisasi pra pensiun ASN di Kabupaten Toba Samosir.

Turut hadir pada acara penandatanganan tersebut Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut TM Jeffry, Pemimpin Bank Sumut Cabang Balige Henry Fasius serta puluhan ASN Pemkab Tobasa.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved