9 Pecatur Lolos ke Grand Final Hasil Seleksi Gala Catur Emas 2019 Wilayah Labuhanbatu

Diikuti total 72 peserta, Mengatur berhasil menyisihkan delapan pecatur lainnya yang menduduki posisi 9 Besar.

9 Pecatur Lolos ke Grand Final Hasil Seleksi Gala Catur Emas 2019 Wilayah Labuhanbatu
TRIBUN MEDAN/HO
Juara Babak Penyisihan Wilayah Labuhanbatu, Mengatur Sihaloho (enam dari kanan) bersama panitia dan para finalis yang berhasil maju ke babak Grand Final Gala Catur Emas 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -Turnamen Gala Catur Emas (GCE) 2019 Road to Master yang digelar Galan kretek bekerjasama Pengprov Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Sumut telah menyelesaikan 3 babak seleksi tingkat kabupaten/kota.

Setelah diawali di Lubuk Pakam dan Kota Pematangsiantar Agustus lalu, babak penyisihan GCE ketiga untuk wilayah Labuhanbatu sekitarnya juga sudah tuntas digelar 6-8 September bertempat di Lapangan Parkir Stadion Binaraga, Rantau Utara.

Berdasarkan hasil babak penyisihan wilayah Labuhanbatu, Pecatur tuan rumah Mangatur Sihaloho, sukses tampil menjadi yang terbaik.

Diikuti total 72 peserta, Mengatur berhasil menyisihkan delapan pecatur lainnya yang menduduki posisi 9 Besar.

Dari seluruh pertandingan, dia mampu mencatatkan poin 6. Dia pun berhak melaju ke babak grand final yang dijadwalkan berlangsung di Medan bulan Oktober mendatang.

Selain Mangatur, delapan pecatur lainnya yang masuk peringkat 9 besar juga berhak melaju ke babak grand final di Medan. Berdasarkan peringkat yang diberikan panitia, 8 nama-nama lainnya adalah Harunsyah (Labura/poin 6), Edu Tambunan (Labuhanbatu/poin 5,5), H Sinaga (Medan/poin 5,5), Akun Nasution (Medan/poin 5,5), Edy Surya Hasibuan (Labuhanbatu/poin 5,5), Paula Rosi Tambunan (Labuhanbatu/poin 5), Ridwan Siregar (Tanjungbalai/poin 5), dan Ibrahim (Taput/poin 5).

Wakil sekretaris umum Percasi Sumut Agus Siallagan mengatakan, dengan selesainya babak kualifikasi di tiga kota, maka sudah terjaring 27 finalis yang masing-masing terdiri dari sembilan orang. Untuk selanjutnya dua wilayah lainnya yakni Sibolga dan Kabanjahe akan digelar pada tanggal 20-22 dan 27-29 September mendatang.

"Maka persaingan akan semakin seru nantinya. Kita tinggal menanti hasil dari dua seleksi lagi yaitu di Kabanjahe dan Sibolga,” ujarnya.

Sementara itu, Edric Chandra, Community and Event Manager GCE 2019 menyambut baik hasil seleksi di Labuhanbatu ini. Dia mengharapkan event ini mampu melahirkan kembali atlet atlet catur berbakat dari Sumut.

“Gala Catur Emas hadir dan diadakan sejak tahun 2016. Ini sebagai upaya untuk mengembalikan nama Sumatera Utara sebagai gudang atlet catur. Kita harapkan dengan banyaknya kompetisi semakin banyak pecatur-pecatur baru yang andal lahir dari Sumut, termasuk dari Labuhanbatu," ujar Edric, Rabu (11/9/2019).

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved