Gubernur Sumut Berharap Sail Nias 2019 jadi Pintu Gerbang Destinasi Wisata Dunia

Event surfing atau selancar air ini merupakan bagian dari kegiatan Sail Nias 2019.

Gubernur Sumut Berharap Sail Nias 2019 jadi Pintu Gerbang Destinasi Wisata Dunia
TRIBUN MEDAN/HO
Penyerahan papan selancar air kepada peselancar oleh Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Baharuddin Siagian, di Pantai Sorake, Nias Selatan, Rabu (11/9/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Mewakili Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Baharuddin Siagian membuka World Surf League Qualifying Series Nias Pro 2019, di Pantai Sorake, Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2019).

Event surfing atau selancar air ini merupakan bagian dari kegiatan Sail Nias 2019.

Sail Nias 2019 yang akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dalam pesan Gubernur, Baharuddin Siagian menyampaikan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten Nias untuk bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisawatan.

Bukan hanya sekedar mendatangkan wisawatan, pemerintah juga akan meningkatkan kinerja untuk dapat menjadikan Nias sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Pembukaan World Surf League Qualifying Series Nias Pro 2019, di Nias Selatan, Rabu (11/9/2019).
Pembukaan World Surf League Qualifying Series Nias Pro 2019, di Nias Selatan, Rabu (11/9/2019). (TRIBUN MEDAN/HO)

Kemudian, masyarakat setempat juga dapat memanfaatkan momentum, dengan kearifan lokal sebagai langkah awal untuk menjadikan Nias sebagai destinasi kelas dunia.

"Berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadikan Nias sebagai destinasi kelas dunia. Masyarakat Nias harus siap mengahdapi dan melayani para turis yang datang karena event Internasional," ujarnya, yang turut diwakili oleh Bupati Nias Selatan dan Forkompinda setempat.

Selama event Internasional ini berlangsung, gubernur berharap agar masyarakat dapat menjaga ketertiban dan kenyamanan para turis. Sebab, hampir bisa diprediksi seluruh wisatawan dari seluruh dunia akan hadir.

"Diharapkan masyarakat Nias menyambut keramahtamahan para turis dan peselancar dan harus menjaga ketertiban dan keamanan," kata dia.

Bahar mengatakan, selama kegiatan ini berlangsung, diharapkan pemerintah setempat dan masyarakat dapat bekerjasama menjaga kebersihan pantai dan tempat wisata lainnya. Tentunya, bila ini dapat berjalan dengan baik, akan menguntungkan bagi seluruhnya.

"Kebersihan pantai menjadi perhatian khusus, karena beberapa titik destinasi wisata akan dihadiri wisatawan jelas dunia," ungkapnya.

Lalu, dirinya meminta kepada masyarakat setempat dapat memberikan kesan dan perhatian lebih kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika ini terjadi, kata dia akan menguntungkan pendapatan pemerintah dan masyarakat setempat.

"Masyarakat harus dapat memberikan kesan terbaik kepada wisatawan. Kalau para turis datang pastinya akan menambah devisa dan pendapatan masyarakat setempat dapat meningkatkan," jelasnya.

Pembukaan World Surf League Qualifying Series Nias Pro 2019 turut dihadiri Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranamigrasi, Taufik Madjid, serta Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham, Fredy Harris

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved