Jembatan di Timor Leste Abadikan Nama Presiden BJ Habibie, Tandai 20 Tahun Referendum

Tak hanya di dalam negeri, nama almarhum Presiden ketiga RI BJ Habibie demikian harum di dunia internasional.

Jembatan di Timor Leste Abadikan Nama Presiden BJ Habibie, Tandai 20 Tahun Referendum
Instagram/Kementerian PUPR
Jembatan BJ Habibie di Timor Leste 

TRIBUN-MEDAN.com - Tak hanya di dalam negeri, nama almarhum Presiden ketiga RI BJ Habibie demikian harum di dunia internasional.

Tak terkecuali di Timor Leste.

Bahkan, saking harumnya, nama Habibie dijadikan sebagai nama jembatan di negara tersebut.

Jembatan BJ Habibie yang terletak di Desa Bidau Sant'ana, Dili, memiliki panjang 540 meter, lebar 8 meter dan terdiri atas dua jalur.

Dana untuk membangun jembatan ini mencapai 3,9 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 54,8 miliar.

Peresmian jembatan ini dilakukan pada 29 Agustus lalu, yang sekaligus bertepatan dengan peringatan 20 tahun referendum Timor Leste.

Baca: Putra Sulung Ceritakan Detik-detik BJ Habibie Meninggal Dunia: Bapak Wafat Itu Contoh Kehidupan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditunjuk Presiden Joko widodo sebagai utusan khusus untuk menghadiri peringatan sekaligus peresmian itu.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (berdiri di kiri atas mobil), setelah acara peresmian Jembatan BJ Habibie, bersama Presiden Parlemen Nasional Arao Noe de Jesus, menaiki mobil yang dikemudikan Mantan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (berdiri di kiri atas mobil), setelah acara peresmian Jembatan BJ Habibie, bersama Presiden Parlemen Nasional Arao Noe de Jesus, menaiki mobil yang dikemudikan Mantan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.(KEMENTERIAN PUPR)

"Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama BJ Habibie, ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak BJ Habibie,” kata Basuki dalam keterangan tertulis.

Ia menuturkan, Habibie merupakan sosok negarawan yang dicintai oleh rakyat Indonesia dan Timor Leste.

Basuki juga menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi agar Indonesia dan Timor Leste dapat terus meningkatkan kerja sama ekonomi di kawasan perbatasan, seperti Motaain, Motamasin, dan Wini, terutama pada era sekarang yang semakin ketat.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved