Protes Reklamasi di Belawan, Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Pelindo

"Artinya, selebihnya yang memang nelayan tidak menerima, jadi kita sepakati untuk mendata ulang nama yang belum dapat tali asih," jelasnya.

Protes Reklamasi di Belawan, Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Pelindo
Istimewa
Tidak Terima Reklamasi, Ratusan Nelayan di Belawan Geruduk Kantor Pelindo, Kamis (12/9/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ratusan nelayan tergabung dalam Koalisi Masyarakat Nelayan Korban Reklamasi Kota Medan, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pelindo 1, Jalan Pelabuhan Raya, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (12/9/2019).

Masyarakat nelayan mengaku reklamasi untuk pelebaran Pelabuhan Belawan telah merusak alur perlintasan kapal nelayan.

Selain itu, massa juga mendesak agar Pelindo 1 segera menyelesaikan persoalan yang berdampak bagi masyarakat nelayan.

"Stop reklamasi. Kami sebagai nelayan telah dirugikan dengan alur baru. Karena alur belum layak untuk dilintasi kapal nelayan. Pelindo harus bertanggung jawab," teriak orator saat berorasi.

Nelayan juga menyebutkan bahwa tali asih yang telah disalurkan Pelindo tidak tepat sasaran. Mereka meminta agar penyaluran tali asih terhadap warga yang terdampak reklamasi harus diverifikasi ulang.

"Ada yang bukan nelayan menerima tali asih, kami ingin ini diusut kembali. Akibat reklamasi kami tidak bisa melaut. Kami minta agar dicek ulang mana yang benar nelayan dan bukan nelayan," teriaknya.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan yang hadir di tengah masyarakat nelayan, memfasilitasi tuntutan nelayan dengan mengajak musyawarah dengan pihak Pelindo.

Ketua aksi, Wahyu Kurnia mengatakan, pihaknya sudah melakukan kesepakatan dengan Pelindo untuk dilakukan verifikasi data nelayan yang belum dapat dana tali asih.

"Kemarin ada sekitar 6000 lebih data yang diajukan ke Diskanla Kota Medan. Setelah diverifikasi hanya 3.228 yang menerima," kata Wahyu.

"Artinya, selebihnya yang memang nelayan tidak menerima, jadi kita sepakati untuk mendata ulang nama yang belum dapat tali asih," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved