Penyakit Kaki Gajah Serang 570 Orang di Wilayah Provinsi Aceh Pada 2019

Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menegaskan, kasus penyakit kaki gajah yang terjadi dalam tahun 2019 ini tercatat 570 kasus

Surya
Ilustrasi kaki gajah 

TRIBUN-MEDAN.com - Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menegaskan, kasus penyakit kaki gajah yang terjadi dalam tahun 2019 ini tercatat 570 kasus, dan tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Data yang diperoleh Kamis (12/9) lalu menunjukkan, jumlah tersebut mengalami penurunan jika di bandingkan tahun 2018 lalu dengan jumlah kasus 590 kasus.

"Berkurangnya jumlah penderita penyakit kaki gajah ini karena sebagian besar penderitanya sudah meninggal dunia," kata Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr Iman Murahman di Meulaboh, Jumat (13/9).

Iman menjelaskan, sebaran penyakit kaki gajah yang terjadi di Aceh terbanyak berada di Kabupaten Aceh Utara dengan jumlah 92 kasus, disusul Kabupaten Pidie 83 kasus, Aceh Timur 58 kasus, dan Aceh Barat 14 kasus.

Sedangkan penyakit kaki gajah terendah, menurutnya berada di daerah dataran tinggi Aceh, yakni di Aceh Tengah dan di Kabupaten Bener Meriah, yang justru tidak ditemukan penyakit kaki gajah.

"Penyebaran penyakit kaki gajah ini berada di daerah tropis atau pesisir, sehingga perkembangbiakannya sangat cepat," kata Iman.

Penyakit tersebut, menurut Iman, ditularkan gigitan nyamuk yang mengandung cacing filaria.

Cacing berukuran kecil tersebut kemudian berkembang biak di dalam kelenjar getah bening dan bisa hidup selama tujuh hingga delapan tahun lamanya.

"Cara pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan meminum obat-obatan kaki gajah yang dibagikan oleh Dinas Kesehatan atau petugas medis kepada masyarakat. Seperti yang selama ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan di Aceh Barat," jelas Iman.

Penyakit tersebut hanya bisa dicegah dengan menghindari gigitan nyamuk dan meminum obat cacing atau obat yang dibagikan oleh petugas medis. Dengan begitu, penyebaran cacing filaria di dalam tubuh manusia dapat dicegah sedini mungkin.

"Saat ini, Dinas Kesehatan Aceh bersama sejumlah Dinas Kesehatan di kabupaten/kota di Aceh juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan penyakit kaki gajah, sehingga penyakit tersebut dapat dicegah terjadi di masyarakat," ujarnya. (rin/rol)

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved