Blogger Medan Belajar Rahasia Membuat Blog Tetap Eksis

Workshop Planner Komunitas, Rudi Hartoyo mengatakan kelas Bloger Medan memang rutin dilaksanakan sebulan sekali dengan tema yang berbeda-beda

Blogger Medan Belajar Rahasia Membuat Blog Tetap Eksis
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Keseruan komunitas Blogger Medan di Kelas Bloger Medan yang mengangkat tema Basic Video Editing for Blog Content bersama Blogger dan Film Maker Yoga Aizeindra Musika, Jalan Karya Kasih Nomor 60 Pangkalan Masyhur, Sabtu (14/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Melihat semakin maraknya pelaku industri kreatif di kota Medan, komunitas Blogger Medan kembali hadirkan Kelas Bloger Medan dengan mengangkat tema Basic Video Editing for Blog Content bersama Blogger dan Film Maker Yoga Aizeindra Musika, Jalan Karya Kasih Nomor 60 Pangkalan Masyhur, Sabtu (14/9/2019).

Puluhan Bloger tampak antusias mengikuti petunjuk demi petunjuk serta memahami hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar web blog tidak membosankan bagi pembaca. Workshop Planner Komunitas, Rudi Hartoyo mengatakan kelas Bloger Medan memang rutin dilaksanakan sebulan sekali dengan tema yang berbeda-beda, untuk mengasah kemampuan para anggota.

"Kita belajar editing sederhana untuk video blog karena perkembangan atau trensekarang kan lebih ke Video, jadi anak-anak blogger juga harus dibekali ilmu editing video, supaya blognya lebih berfaedah dan update dengan pembaharuan," katanya.

Rudi mengatakan blogger saat ini tidak boleh hanya bisa menulis saja, namun harus terbuka dengan pengetahuan-pengetahuan dan teknologi yang baru. Belum lagi katanya saat ini minat membaca masyarakat sangat kurang dan lebih banyak yang memilih untuk menonton video saja.

"Apalagi sekarang kan lagi trennya youtube ya, jadi kalau ada mau nyari apa-apa orang lebih suka nonton video, jadi apa salahnya blogger semakin berkembang yang tadinya misal hanya menulis review makanan tapi juga bisa buat video, kan jadi lebih menarik," katanya.

Yoga selaku blogger juga menyadari bahwa eksistensi blog tidak lah semarak dahulu. Ia menyadari bahwa dunia blog semakin jarang diminati masyarakat. Meski demikian kata Yoga blog memiliki pasarnya tersendiri untuk menarik minat para pengunjung.

"Tapi sampai saat ini blog tetap ada dan punya pasarnya sendiri, kan masih banyak juga kita jumpai blog-blog yang punya banyak iklan karena pengunjungnya memang ramai, makanya sekarang blogger dituntut lebih kreatif lagi," katanya.

Yoga membenarkan bahwa blog tidak melulu berisi tulisan dan foto saja, agar konten tulisan lebih kaya katanya zaman sekarang harus dilengkapi dengan video.

"Menariknya sebuah video tergantung taste masing-masing karena umumnya memang para blogger menulis yang ingin mereka tulis, sangat jaranglah blogger berpatok pada selera pasar, namun tetap saja, video blog yang bagus itu ya yang original, milik kita sendiri," katanya.

Selain itu Yoga juga mengatakan agar video masuk dalam key word google atau youtube, pelaku konten harus peka terhadap kalimat-kalimat yang sedang tren dan memasukkannya dalam judul dan deskripsi konten atau tulisan.

"Kita harus buat hastag, deskripsi yang jelas serta judul dengan kata atau kalimat yang populer, dan rekomendasi durasi video yang bikin orang nggak bosen ya 4 sampai 5 menit," katanya

Meski demikian, Yoga mengatakan sejauh ini para blogger umumnya memang menulis hal yang mereka sukai tanpa melihat selera pasar. Meski demikian Ia mendukung apabila blogger semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan konten.

"Jadi sebenarnya blogger itu tidak tertinggi dari youtube, bahkan tetap seiring karena selain menulis blogger sekarang juga sering membuat video, dan akan lebih bagus lagi kalau ada kolaborasi antar keduanya," katanya

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved