Kabut Asap Kebakaran Hutan Riau dan Kalimantan Selimuti Kuala Lumpur

Hampir seluruh wilayah di Kuala Lumpur diselimuti kabut asap yang cukup tebal dan membuat jarak pandang masyarakat terganggu.

Kabut Asap Kebakaran Hutan Riau dan Kalimantan Selimuti Kuala Lumpur
Tribun Medan / Ayu Prasandi
Kabut asap menyelimuti sejumlah kawasan di Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu (14/9/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Kabut asap kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Kalimantan tak hanya menyebar ke beberapa kota saja, tetapi saat ini juga sudah sampai ke Malaysia.

Salah satu daerah yang cukup parah terkena dampak dari kabut asap tersebut yaitu Kuala Lumpur.

Hampir seluruh wilayah di Kuala Lumpur diselimuti kabut asap yang cukup tebal dan membuat jarak pandang masyarakat terganggu.

“Sudah beberapa hari seperti ini, tebal sekali, seperti mendung padahal itu karena kabut asap,” ujar Rini, warga negara Indonesia yang sedang bekerja di Kuala Lumpur saat dihubungi Tribun, Sabtu (13/9/2019).

Ia menjelaskan, tak hanya jarak pandang yang menjadi terganggu, pernafasan juga terganggu karena kabut asap tersebut.

“Kalau di luar ruangan tidak menggunakan masker maka akan sesak, asapnya cukup tebal dan hampir di seluruh wilayah di Kuala Lumpur,” jelasnya.

Hal senada juga dirasakan Loly, ia bahkan harus mengurangi aktivitas di luar ruangan agar terhindar dari asap tersebut.

“Sudah satu minggu inilah ada asap yang cukup banyak dan sudah seperti kabut,” ujar warga Medan Tembung yang saat ini menetap di Kajang, Malaysia tersebut saat dihubungi Tribun, Sabtu (13/9/2019).

Ia juga sempat cemas karena saat ini memiliki seorang anak yang masih bayi dan takut sang anak terkena dampak dari asap tersebut.

“Untuk melindungi anak saya, ya saya dan suami sepakat untuk tidak beraktivitas di luar dulu. Kalaupun harus keluar, tidak berada di luar ruangan tetapi di dalam ruangan seperti di mal agar anak aman,” tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved