Kasus Penebangan Kayu Hutan Lindung di Samosir, Polisi Segera Limpahkan Tersangka ke Kejaksaan

Terkait proses penandatanganan surat jual beli dan penyerahan uang serta dimana dimulainya penebangan hutan, keduanya saling menjelaskan.

Kasus Penebangan Kayu Hutan Lindung di Samosir, Polisi Segera Limpahkan Tersangka ke Kejaksaan
Tribun Medan / Arifin
FOTO ILUSTRASI: PENEBANGAN KAYU

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR -Satuan Tindak Pidana Tertentu Reskrim Polres Samosir telah menetapkan TS alias Tunggul Sitanggang alias Parman Bungsu menjadi tersangka penebangan Hutan Lindung SK 579  di Desa Marlumba, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, sekitar bulan Juli 2019 lalu.

Kanit Tipiternya, Aiptu Darmono Samosir mengatakan penetapan tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup dan keterangan para saksi ahli dari Dinas Kehutanan KPH XIII Dolok Sanggul.

"Dan setelah melakukan pengembangan disertai keterangan TS, akhirnya sesui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) nomor B/176/VIII/2019/Reskrim, kembali menetapkan tersangka kedua atas nama Punguan Situmorang,"tuturnya di Mako Polres Samosir, Senin (16/9/2019).

Katanya, Polres Samosir telah melakukan konfrontir kepada kedua tersangka yang menyangkal melakukan tindak pidana penebangan hutan lindung itu pada Sabtu, (7/9/2019) lalu.

Terkait proses penandatanganan surat jual beli dan penyerahan uang serta dimana dimulainya penebangan hutan, keduanya saling menjelaskan.  

Ditambahkannya, hasil dari konfrontir mereka susun dan selanjutnya keputusan ada ditangan hakim nantinya di Pengadilan. Saa ini  polisi tengah melengkapi dokumen untuk segera dilimpahkan ke Kejari Samosir.

"Segera kita limpahkan dalam waktu dekat kepada Kejaksaan Negeri Samosir," ujar Darmono Samosir.

Menurutnya, tersangka PS yang juga ketua salah satu OKP di Samosir ini melalui penasihatnya juga telah mengajukan saksi yang meringankan yaitu Kasner dan Hotlan Sidabutar.

Pengajuan tersebut pun ikut dimasukkannya ke dalam dokumen tambahan sebelum diajukan kepada Jaksa.

Sebelumnya, berkas tersangka TS telah dilimpahkan kepada Kejari Samosir pada Agustus 2019 lalu. "Benar, telah kita limpahkan dan oleh jaksaan sudah diberikan catatan untuk diperbaiki," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved