Kiat Cerdas Persiapan Dunia Kerja di Era Industri 4.0 dalam Inspiring Talshow

Disisi lain Revolusi Industri 4.0 tentunya memiliki dampak positif dan negatif, segala perubahan dapat memberi peluang sekaligus ancaman.

Kiat Cerdas Persiapan Dunia Kerja di Era Industri 4.0 dalam Inspiring Talshow
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Keseruan Inspiring Talshow bertajuk Persiapan Dunia Kerja di Era Industri 4.0 di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Jalan William Iskandar Ps. V, Percut Sei Tuan, Senin (16/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan besar bagi kaum millenials. Di era ini anak millenials dihadapkan dengan aktifitas serba digital, diikuti dengan budaya dan kebiasaan yang dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi.

Disisi lain Revolusi Industri 4.0 tentunya memiliki dampak positif dan negatif, segala perubahan dapat memberi peluang sekaligus ancaman.

Melihat pentingnya hal tersebut, Wardah hadirkan Inspiring Talshow bertajuk Persiapan Dunia Kerja di Era Industri 4.0 di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Jalan William Iskandar Ps. V, Percut Sei Tuan, Senin (16/9/2019).

Inspiring Talshow ini menghadirkan Manager PT Paragon Technology and Inovation, Tika Pradinita dan Customer Development Executive PT Paragon Technology and Inovation Sidqi Maulana.

Tika menjelaskan berbagai pembaharuan dan teknologi yang mengiringi setiap era. Seperti era 3.0 yang ditandai dengan Electronic dan IT system Automation dan dilanjutkan era 4.0 yang ditandai dengan semakin maraknya Industry cyber physical system, yang segala kebutuhan manusia dapat terkoneksi secara sistematis.

"Sisi positif Revolusi industri 4.0 memberikan Efesiensi untuk menunjang produktifitas manusia, contohnya kalau kita kau makan apapun bisa pesan langsung diantar, sementara sisi negatifnya menghapus banyak pekerjaan, karena semuanya serba digital dan otomatis," katanya

Meski demikian katanya, belakang ini banyak industri yang sedang mengembangkan robot yang menyerupai manusia, dan kemunginan besar kelak robot mulai menggantikan beberapa pekerjaan manusia.

"Seperti robot shopia yang memang sangat mirip dengan manusia. jadi di era ini kita seharusnya semakin tanggap, mau kerja apa harus dipikirkan sejak kuliah, jangan sewaktu sudah tamat baru mikir," katanya

Meski demikian Tika mengatakan terdapat beberapa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot. Seperti pemerintah, industri kreatif, pendidikan dalam hal pengelolahan sumber daya manusia, teknologi informasi seperti communications tolls, pelayanan kesehatan, membuat keputusan, manager, dan masih banyak lagi.

"Peluang Industry 4.0 pantaulah pekerjaan baru yang berkaitan dengan teknologi dan internet, industri personalisasi pelanggan, atau berbisnis, masih bayak lagi, jadi mahasiswa itu harus tanggap terurama dengan isu-isu yang berkembang," katanya.

Demand Creation Officer, Shella Febryani Supendi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah event tahunan yang diselenggarakan diberbagai kota seluruh Indonesia. Di medan akan diselenggarakan di 12 titik, dan dimulai di UINSU.

"Nextnya kita akan ke beberapa kampus juga, nggak hanya di UINSU saja. Tujuan kegiatan ini selain mengenalkan produk, kita juga saling sharing ilmu pengetahuan, seperti talk show dan beauty class, dan pengetahuan tentang kesehatan kulit," tuturnya

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved