Asap Kebakaran Hutan Cemari Udara Kisaran, BPBD Asahan Bagikan Masker kepada Masyarakat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan berinisiatif turun ke jalan, membagi-bagikan masker kepada masyarakat.

Asap Kebakaran Hutan Cemari Udara Kisaran, BPBD Asahan Bagikan Masker kepada Masyarakat
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Petugas BPBD Asahan membagi-bagikan masker kepada pengendara yang melintas di Bundara Tugu Jalan Imam Bonjol Kisaran pada Selasa (17/9/2019) sore. Langkah itu dilakukan karena udara Kota Kisaran tercemar asap kebakaran hutan kiriman dari luar Sumut. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Asap kebakaran hutan yang berasal dari luar Sumatera Utara terus mencemari udara Kabupaten Asahan, bahkan pada Selasa (17/9/2019) secara kasat mata ketebalan asap kian hari semakin tebal dibandingan hari sebelumnya.

Kondisi itu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan berinisiatif turun ke jalan, membagi-bagikan masker kepada masyarakat, khususnya yang berada di Kota Kisaran.

"Hari ini atas nama Pemkab Asahan melalui BPBD Asahan kami membagi-bagikan masker kepada masyarakat dampak dari asap yang berasal dari Riau," kata Kasubdit Kedaruratan BPBD Asahan, Zulfahri Harahap, Selasa sore.

Zulfahri menyebutkan masker yang mereka bagikan merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit kepada masyarakat.

Menurutnya asap yang menyelimuti Kabupaten Asahan membuat kualitas udara tercemar. Ia menilai asap tersebut berbahaya bagi kesehatan bila terhirup oleh manusia.

"Kami melihat dari pengamatan mata, sudah lebih tebal dari sebelumnya. Kami khawatirkan kondisi ini sebabkan penyakit bagi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, tindakan membagi-bagikan masker yang dilakukan BPBD Asahan, merupakan suatu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan.

"Kami imbau masyarakat agar gunakan masker. Usahakan seminim mungkin berkegiatan di luar ruangan, selama asap masih menyelimuti udara Kota Kisaran," sebutnya.

Zulfahri pun menyebutkan pada Selasa (17/9/2019) sore ini, BPBD Asahan membagikan-bagikan 2 ribu masker. Kegiatan itu dilakulan di empat titik yaitu, depan dua pintu masuk menuju Kota Kisaran yang berada di Sentang dan Pulo Bandrig, Masjid Agung Achmad Bakrie, dan Bundaran Tugu Jalan Imam Bonjol Kisaran.

Seorang pengendara Rudi, mengaku mengapresiasi pemberian masker oleh BPBD Asahan. Sebab asap yang melanda Kota Kisaran sudah cukup mengganggu bagi masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan.

"Ya sudah ganggu kali. Mata pun perih, kalau makin parah, khawatir juga," ucapnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved