Kisah Mantan Juru Parkir yang Sukses Jadi Pengusaha, Kortinus Bagikan Rezekinya Untuk Si Miskin

nselmus Kortinus Da Gomez (39), pria asal Kampung Baru, Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur

KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS
Anselmus Kortinus Da Gomez saat memberi bingkisan kepada salah satu janda miskin di Desa Watu Diran, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Flores, NTT, Senin (16/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Anselmus Kortinus Da Gomez (39), pria asal Kampung Baru, Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, menghabiskan waktunya dengan berbagi rezeki dengan kaum papa yang ada di pelosok daerah itu.

Pria yang saat ini berprofesi pengusaha itu menyusuri kampung-kampung untuk membeli hasil bumi para petani.

Dalam menjalani pekerjaannya itu, ia juga melirik orang-orang kecil yang hidupnya layak dibantu.

Ketika menyaksikan orang yang hidupnya susah, ia langsung mendatangi rumahnya, lalu memberikan bingkisan berupa beras. Itu dilakukannya hampir setiap hari.

"Motivasi buat ini karena dulu juga saya pernah merasakan hidup seperti mereka. Saya dulu pernah rasakan hidup susah. Beras-beras yang saya bagikan ini diberikan kepada mereka yang betul-betul membutuhkan," kata Anselmus kepada Kompas.com, Senin (16/9/2019).

Pria yang akrab disapa Korti ini mengaku dulu pernah menjadi loper koran, kuli bangunan, hingga juru parkir di RSUD Tc Hillers Maumere.

Saat ini, kehidupannya berubah. Korti kini menjadi seorang pengusaha. Sekarang ia mengaku punya rezeki sedikit dan berbagi dengan mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Saya sambil jalan beli komoditi, lihat orang-orang kecil yang kekurangan, saya bantu. Ada juga saya bantu kalau ada yang beri informasi," katanya.

Ia menuturkan, hidupnya yang cukup sukses saat ini tidak terlepas dari perjalanan pahit yang begitu panjang.

Keberanian dan ketekunannya mampu mengantar Korti menuju hidup yang berkecukupan seperti yang dirasakan saat ini.

"Kuncinya kita jangan gengsi saja. Kerja apa saja yang penting kita tekun dan mencintai pekerjaan itu. Itu pasti mendatangkan kebahagiaan," katanya.

Saya dulu jadi tukang parkir, loper koran, dan kuli bangunan itu tidak malu. Tetapi, saya selalu berpikir, saya mesti melangkah maju dan berubah," ujar Korti.

Ia menuturkan, usaha yang kini dijalani berkat keberanian untuk memulai. Dia menjalani usaha jual beli hasil tani. Awalnya ia merasa ragu. Namun ia kemudian berpikir harus bisa.

"Setiap kita punya kesempatan untuk sukses. Puji Tuhan, usahanya berjalan lancar. Ada sedikit hambatan, ya itu biasa. Terus bersyukur dengan semua rahmat yang diterima," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Kortinus: Mantan Juru Parkir yang Jadi Pengusaha Sukses, Setiap Hari Bantu Kaum Papa..."

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved