Koleksi Tiga Emas, Deliserdang Juara Umum Liga Pora OPUD I 2019

Prestasi tersebut diraih usai mengumpulkan 3 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu serta unggul dari kontingen IPSI Medan.

Koleksi Tiga Emas, Deliserdang Juara Umum Liga Pora OPUD I 2019
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Pelatih Pengcab IPSI Deliserdang (podium utama) Bambang saat menerima hadiah juara umum Liga Pora Opud I 2019 di GOR mini Disporasu , Rabu (18/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Deliserdang sukses merebut juara umum Liga Pora Olahraga Prestasi Unggulan Daerah (Opud) I tahun 2019 yang tuntas digelar di GOR Mini Disporasu, Rabu sore (18/9/2019).

Prestasi tersebut diraih usai mengumpulkan 3 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu serta unggul dari kontingen IPSI Medan yang harus puas sebagai Runner up dengan raihan 3 emas dan 3 perunggu. Sementara itu posisi ketiga ditempati IPSI Tebingtinggi dengan torehan 2 keping emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Raihan medali emas bagi pengcab Deliserdang masing-masing disumbangkan, Dea Puspita Chaniago di kelas C putri, M Alanuari Hasibuan kelas E putra dan M Jafri kelas H putra. Sedangkan medali perak datang dari M Fachri Priawanda di kelas B putradan Yudi Nawawi (D putra). Sementara itu medali perunggu disumbang M Bilal Alqadri di kelas G putra.

Kepala Sub Bidang Deputi IV Pengembangan Olahraga Prestasi Daerah Kemenpora RI, Yuslan Kisra yang hadir menutup kegiatan tersebut mengapresiasi penyelenggaraan Liga Pora Opud cabor pencak silat di Sumut tahun ini. "Melalui Liga Pora Opud ini diharapkan mengairahkan pembinaan silat di Sumut. Juga dari hasil ini didapatkan bibit unggul pesilat Sumut untuk disumbangkan ke timnas. Dengan demikian IPSI Sumut tidak kesulitan mencari pesilatnya untuk level nasional," katanya.

Ke depan lanjut Yuslan, pihaknya akan menjadikan Liga Pora Opud ini sebagai ajang yang digelar berseri. Rencananya, Seri 2 akan kembali digelar di Sumut yakni di Rantauprapat, bulan November mendatang. "Kami puas dengan pelaksanaan ini. Cukup bagus dan sesuai harapan, bahkan melebih ekspektasi kami. Kedepannya, kita tambah cabor lain dan digelar 4 kali," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis yang juga hadir turut mengapresiasi IPSI Sumut. Dia berharap Cabor silat Sumut semakin maju dan atlet akan siap berlaga pada PON.

"Kepada juara umum selamat, kepada yang belum masuk lima besar, tingkatkan lagi di Liga Opud II, kalahkan Deliserdang ini. Apalagi kalau Medan juara umum. Silahkan bersaing dengan sportifitas dan jujur," kata John.

Lebih lanjut, Ketua Panitia, Dahliana juga mengatakan, bahwa ajang liga pora opud I kali ini berakhir sukses dengan diikuti 340 pesilat dari 21 pengcab IPSI dan perguruan se-Sumut. Para peserta ambil bagian mengikuti sebanyak 16 kelas yang dipertandingkan. Dia pun berharap atlet binaannya terus semangat berlatih untuk meningkatkannya kemampuan.

"Terus dan tingkatkan berlatih, akan ada Liga Pora Opud 2 yang akan digelar di Rantauprapat," pungkas Dahliana yang juga Ketua Pengprov IPSI Sumut ini.

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved