Kemenpan RB Setujui Perubahan Tipe Polres Deliserdang Jadi Polresta

Dalam keputusan itu Kemenpan RB pada prinsipnya menyetujui peningkatan tipe 14 Polres termasuk Polres Deliserdang menjadi Polresta Deliserdang.

Kemenpan RB Setujui Perubahan Tipe Polres Deliserdang Jadi Polresta
Tribun Medan / Indra
Polres Deliserdang 

TRIBUN-MEDAN.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia akhirnya menyetujui peningkatan tipe terhadap Polres Deliserdang menjadi Polresta Deliserdang.

Informasi yang dihimpun hal ini sesuai dengan surat yang ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin nomor B/849/M.KT.01/2019 tertanggal 18 September 2019 yang ditujukan kepada Kepala Kepolisian Negera Republik Indonesia yang beredar di pesan what's app dan diterima www.tribun-medan.com Kamis, (19/9/2019) malam.

Dalam keputusan itu Kemenpan RB pada prinsipnya menyetujui peningkatan tipe 14 Polres termasuk Polres Deliserdang menjadi Polresta Deliserdang.

Terkait hal ini Kapolres Deliserdang, AKBP Eddy Suryantha Tarigan yang dikonfirmasi mengaku belum mengetahui hal itu.

"Belum (tidak ada menerima surat dari Kemenpan RB). Belum (tidak tahu apakah sudah ada keputusan berubah tipe atau tidak)," tulis Eddy Suryantha Tarigan menjawab pertanyaan www.tribun-medan.com Kamis malam.

Pada bulan Agustus lalu Eddy Suryantha Tarigan sempat mengatakan bahwasanya pengusulan perubahan status sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Pengusulan itu juga mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Eddy menyebut untuk dapat berubah status menjadi Polresta ada tahapan yang harus dilalui.

Polres pun harus mengirimkan segala data-data yang dipintakan dan ini disebut telah mereka penuhi. Diakuinya bahwa Pemkab Deliserdang dalam hal ini sangat mendukung.

"Kalau enggak ada dukungan Pemda ya tidak mungkin lah dan Pemda mendukung. Pemkab kan melihat juga kondisi terkini dan merasa membutuhkan status dari Polres jadi Polresta. Ya karena dianggap bersama sudah layak jadi Polresta," kata Eddy saat itu.

Disebut banyak hal mengapa memang Polres layak berubah status jadi Polresta Deliserdang.

Hal ini mengingat jumlah penduduk Deliserdang juga cukup tinggi kemudian ditambah lagi dengan luas wilayahnya yang memang begitu besar.

Selain itu adanya keberadaan Bandara Kualanamu yang merupakan bandara bertaraf internasional yang memang keberadaanya di wilayah hukum Polres Deliserdang saat ini.

Informasi lain yang dikumpulkan, pembahasan mengenai kepantasan akan perubahan status Polres menjadi Polresta sudah dilakukan sejak tahun 2017 atau beberapa bulan setelah Eddy Suryantha Tarigan menjabat menggantikan Kapolres sebelumnya Robert Da Costa.

Disebut-sebut pengusulan dilakukan karena pada tahun 2016 untuk di daerah Medan Polresta nya berubah tipe dari Polresta menjadi Polrestabes Medan.

(dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved