LLDikti Ingin Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi dengan Aplikasi Smart Campus 4.0

Aplikasi ini sangat positif guna mendukung terciptanya sistem manajemen yang baik. Ini merupakan bantuan dan layanan administrasi

LLDikti Ingin Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi dengan Aplikasi Smart Campus 4.0
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Sosialisasi Aplikasi SmartCampus Teknologi 4.0 di Kampus LLPDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, Kamis (19/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dian Armanto mengungkapkan aplikasi Smart Campus teknologi 4.0 akan mampu meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Oleh karena itu, mau tak mau, suka tak suka maka perguruan tinggi harus mau ikut menggunakan aplikasi ini karena ini berkaitan erat dengan kemajuan perguruan tinggi.

“Aplikasi ini sangat positif guna mendukung terciptanya sistem manajemen yang baik. Ini merupakan bantuan dan layanan administrasi untuk memudahkan urusan akademis kampus di perguruan tinggi. Kampus akan terbantu dari segala sisi administrasi yang ada. Aplikasi ini harus diterima dan diaplikasikan tentunya,”kata ujarnya dalam acara Sosialisasi Aplikasi SmartCampus Teknologi 4.0 Kamis (19/9/2019) di Kampus LLPDIKTI Wilayah I Sumatera Utara.

Sosialisasi Smart Campus ini merupakan upaya LLDIKTI mengejar mutakhirnya dunia industri untuk jajaran kampus kampus di bawah naungannya. Beberapa hal yang dapat dimutakhirkan ke arah berbasis digital adalah dalam bidang kearsipan, payroll, web kampus, dan kantin mahasiswa.

Sementara itu, VP Regional Account Management Enterprise Business PT SmartFren Telecom TBK, Slamet Suparmaji mengungkapkan, Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan aplikasi SmartCampus 4.0. Selama ini sistem yang digunakan masih bersifat konvensional, yang sifatnya sangat subjektif.

Dengan adanya sosialisasi aplikasi Smart Campus ke perguruan tinggi, akan sangat membantu. “Sistem yang dipakai masih banyak yang serba manual, terutama untuk bagian administrasi. Aplikasi ini adalah solusi untuk meningkatkan mutu. Tertib adminstrasi terbantu dengan program smartcampus ini,” kata Slamet.

Ia menyampaikan pihaknya akan menggelar roadshow ke beberapa wilayah seluruh Indonesia di antaranya Surabaya dan Bali untuk percepatan penggunaan aplikasi SmartCampus 4.0.

Slamet mengungkapkan, sebagai selaku local support bagi terlaksananya kegiatan ini dan sebagai instansi yang mendukung peningkatan bagi kemajuan dunia pendidikan terutama perguruan tinggi, maka untuk tahap awal Smartfren akan meerjunkan delapan orang staff ahli untuk turun ke tiga kampus yang berminat.

“Kita buat kampusnya naik kelas. Dan ini gratis tanpa dipungut sepeserpun biaya dan tanpa mengubah sistem yang sudah berlaku di kampus tersebut,” kata Slamet lagi.

Slamet mengaku cukup senang melihat antusias dari Perguruan Tinggi Swasta di Medan yang mengikuti kegiatan sosialisasi Aplikasi SmartCampus tersebut. Ia mengatakan peserta undangan yang hadir sesuai dengan harapan dan target mereka. Diharapkan diskusi ini mewujudkan visi dan misi LL Dikti dan perusahaan telekomunikasi membangun berbasis IT.

Hal yang sama disampaikan PT Sumatera Sistem Integrasi. Direktur PT Sumatera Sistem Integrasi (SSI), Muhammad Hafizullah mengatakan, SSI mendukung penuh tersedianya layanan aplikasi SmartCampus ini.

Dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi ini, selain dengan PT Smartfren Telecom TBK, pihaknya juga bekerjasama PT Tata Consultancy Services, yang merupakan pembuat aplikasi SmartCampus 4.0 terbaik di dunia.

“Aplikasi ini menggunakan platform kelas dunia dengan sistem local support membuat seluruh sistem dari hulu ke hilir yang berhubungan dengan kampus, yang sistemnya terintegrasi dengan feeder DIKTI. Program ini adalah pertama kali menggunakan sistem bundling di Indonesia," pungkasnya.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved