News Video

Alhamdulillah Hujan Deras Turun di Riau dan Kalimantan Tengah

Operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) berhasil turunkan hujan di Riau dan Kalimantan Tengah

TRIBUN-MEDAN.COM - Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menyatakan, operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) berhasil turunkan hujan di Riau dan Kalimantan Tengah.

"Operasi TMC di Riau berhasil menurunkan hujan di Dumai, tepatnya di Kelurahan Batu Teritip yang berbatasan dengan Rohil.

Hujan kurang lebih selama 30 menit dengan intensitas sedang," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2019).

Ia menjelaskan, proses TMC di Riau dan Kalimantan Tengah tersebut dilakukan menggunakan penyemaian awan dengan pesawat CN 295 dan Hercules C-130.

Pesawat CN 295, lanjutnya, melakukan penyemaian awan pada pukul 13.30-15.45 WIB di wilayah Kabupaten Katingan, utara Palangkaraya dan Kabupaten Kapuas.

Pesawat terbang pada ketinggian 8000 kaki dan menghabiskan bahan semai garam NaCI sebanyak 1.500 kg.

"Sedangkan di Riau pesawat Hercules C-130 menyemai dengan menabur garam NaCL sebanyak 3,4 ton di daerah Dumai dan Padang Sidempuan, Sumatera Utara sesuai potensi pertumbuhan awan yang berpotensi menghasilkan hujan," tutur Agus.

Agus menjelaskan, operasi TMC akan terus dilakukan di Sumatera dan Kalimantan dengan tiga pesawat bantuan TNI yang disediakan di Pekanbaru dan Palangkaraya.

Di Kalbar, dalam 2 hari terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat telah telah menyemai sebanyal 1,6 ton garam di udara untuk menciptakan hujan buatan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Semai garam di udara dilakukan dengan menggunakan pesawat cassa milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di daerah yang memiliki awan potensial untuk terjadinya hujan.

Halaman
1234
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved