Cerita Ibu Muda Tak Sangka Lahirkan Bayi Kembar 4 saat Hamil Pertama

Yuni mengatakan, tidak ada satupun dari keluarganya maupun keluarga suaminya yang memiliki keturunan bayi kembar.

Cerita Ibu Muda Tak Sangka Lahirkan Bayi Kembar 4 saat Hamil Pertama
KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN
Yuningsih (25), ibu muda yang baru saja melahirkan empat bayi perempuan masih dirawat di Rumah Sakit Wiradadi Husada, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Seorang ibu muda asal Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Yuningsih (25), baru saja melahirkan bayi kembar empat.

Empat bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir melalui proses sesar di Rumah Sakit Wiradadi Husada, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Rabu (18/9/2019) petang.

Yuni, sapaan akrabnya, menceritakan pada usia kehamilan dua bulan, diketahui ada dua janin yang dikandungnya. Namun, pada usia kehamilan empat bulan, diketahui ada empat janin.

"USG pertama ada dua, kemudian saat USG kedua pada usia kandungan empat bulan, ternyata ada empat. Tahu itu kaget, dan sempat tidak percaya," kata Yuni yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Wiradadi Husada, Jumat (20/9/2019).

Istri dari Imam Yasir Kharis (22) ini mengaku sangat bersyukur. Dalam usia pernikahan yang belum genap setahun ini, langsung dikaruniai empat momongan sekaligus.

Yuni mengatakan, tidak ada satupun dari keluarganya maupun keluarga suaminya yang memiliki keturunan bayi kembar. Yuni juga tidak menjalankan program kehamilan.

Selama mengandung, kata Yuni, perutnya lebih besar dari orang hamil pada umumnya. Namun, tidak menyangka apabila yang dikandungnya empat janin sekaligus.

"Berat badan juga tidak naik drastis, dari tadinya 40 kilogram jadi 54 kilogram," sambung Yuni.

Yuni mengaku hingga saat ini ia dan suami belum memiliki nama yang akan diberikan kepada keempat buah hatinya.

Yuni akan dibantu saudara-saudaranya untuk merawat keempat anaknya itu.

"Di rumah banyak orang, banyak saudara, jadi nggak bingung," kata Yuni.

Manajer Pelayanan Rumah Sakit Wiradadi Husada dr Aji Darundriyo mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, kemungkinan bayi lahir empat sekaligus ialah 1:700.000 kehamilan.

Menurut Aji, bayi pertama lahir dengan berat badan 1.800 gram, kemudian bayi kedua seberat 1.100 gram, bayi ketiga 1.400 gram dan bayi keempat hanya 930 gram. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Ibu Muda Asal Banyumas yang Tak Sangka Lahirkan Bayi Kembar 4"

Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved