Breaking News:

Percepat Peningkatan Pelayanan ke Pelanggan, PDAM Tirta Deli Gandeng Swasta

Kerja sama dengan pihak swasta pun dilakukan guna mempercepat realisasi peningkatan pelayanan.

TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Penandatangan kerja sama dilakukan Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution dengan Presiden Direktur PT Tirta Nusantara Sukses, Ir Sukarman dan disaksikan oleh Dewan Pengawas PDAM Khairum Rizal Jumat, (20/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com- PDAM Tirta Deli terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumennya. Kerja sama dengan pihak swasta pun dilakukan guna mempercepat realisasi peningkatan pelayanan.

Salah satu perusahaan swasta yang mereka gandeng adalah PT Tirta Nusantara Sukses. Sebagai bentuk dari kerjasama, kedua perusahaan itupun melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk rencana pembangunan spam di wilayah Kecamatan Batang Kuis yang dilakukan dengan skema Business to Business di hotel Prime Plaza Batang Kuis Jum,at, (20/9/2019).

Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution menyebut sengaja memilih skema kerjasama ini Business to Business. Artinya murni kedepannya investor lah yang tanamkan investasinya dalam bentuk jangka waktu beberapa tahun. Disebut yang membangun nantinya semuanya pihak swasta tersebut termasuk mulai dari tahapan melakukan study kelayakan.

"Jadi mereka lah yang membangun yang namanya IPA (Instalasi Pengolahan Air). Pembangunan IPA ini untuk mengambil alih pelanggan dari wilayah Tembung dan Batang Kuis serta menambah catatan layanan sampai Sei Rotan. Sampai saat inikan Tembung dan Batang Kuis itu masih dikuasi oleh PDAM Tirtanadi,"ujar Batara.

Disebut kalau pihaknya akan kembali melanjutkan Pemutusan penghentian Kerjasama Operasional (KSO) dengan PDAM Tirtanadi. Pada waktu lalu yang sudah diambil adalah pelanggan yang ada di wilayah Lubukpakam, Tanjung Morawa, Perbaungan dan Pantai Cermin. Jika diwilayah Batang Kuis dan Tembung diambil maka akan ada penambahan kira-kira 10 ribu pelanggan lagi untuk mereka.

"Jadi dulu persyaratan kita untuk mengambil di sana (Batang Kuis dan Tembung) itu harus ada IPA dulu. Nah inilah dia mau dilakukan pembangunan. Kita tidak keluarkan APBD di sini, full ditanggung oleh investor,"kata Batara.

Kerjasama yang akan dilakukan, tambah Batara pihak perusahaan tersebut akan menjual air curah dan PDAM Tirta Deli lah yang akan membeli dalam bentuk meter perkubik. Untuk masalah pelanggan perusahaan tersebut sama sekali tidak berwenang karena tetap dibawah kendali Tirta Deli.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution dengan Presiden Direktur PT Tirta Nusantara Sukses, Ir Sukarman.

Selain itu ikut menandatangani Dewan Pengawas PDAM Tirta Deli, Khairum Rizal. Dalam pertemuan ini Khairum mengharapkan agar kepada masing-masing perusahaan dapat saling terbuka.

"Kedua belah pihak jangan langgar nota kesepahaman yang telah disepakati. Tahapan-tahapan selalu dilakukan dengan kordinasi enggak boleh tertutup tapi terbuka dan harus sesuai harapan masyarakat,"kata Khairum.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved