Rumah Adat Batak Usia Ratusan Tahun Terbakar di Samosir

Saat kejadian, Dinas Kebakaran Samosir mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran serta 11 anggotanya.

Rumah Adat Batak Usia Ratusan Tahun Terbakar di Samosir
TRIBUN MEDAN/Ist
Kondisi Rumah adat saat terbakar di Dusun II, Desa Aek Nauli Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (20/9/2019) dini hari, namun tak sempat terselamatkan akibat jauhnya sumber air 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Rumah adat berornamen Batak milik keluarga Joni Sinurat di Dusun II, Desa Aek Nauli Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, habis dilalap api pada malam Jumat,(20/9/2019) Dini hari.

Kabid Damkar Samosir, Sahat Situmeang, meyampaikan kejadian diduga berasal dari hubungan arus pendek. "Sementara ini penyebabnya diduga akibat korslet,"sebutnya.

Menurutnya, rumah adat yang berbahan kayu tersebut mudah terbakar dan tidak sempat dipadamkan. Beruntung, katanya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Total kerugian belum bisa dipastikan akibat kebakaran. Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah adat tersebut sudah berusia ratusan tahun dan ditempati secara turun-temurun.

Saat kejadian, Dinas Kebakaran Samosir mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran serta 11 anggotanya.

Pemadaman dibantu oleh warga, namun tetap tidak terselamatkan karena jauhnya sumbet air.

Sampai saat ini, Pemkab Samosir melalui Dinas Sosial telah mengerahkan sejumlah bantuan. Di lokasi tersebut, telah didirikan tenda peleton Dinas Sosial.

(Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved