Sidikalang Diguncang Gempa Magnitudo 3, Diduga Akibat Aktifitas Sesar Renun

Hingga pukul 11.10 WIB Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Sidikalang Diguncang Gempa Magnitudo 3, Diduga Akibat Aktifitas Sesar Renun
Sumber HO Google
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wilayah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara diguncang gempabumi tektonik berkekuatan magnitudo M= 3.0 dengan kedalaman 5 km, Episenter berada pada koordinat 2.72 LU dan 98.44 BT yang berlokasi di darat berjarak 16 km Timur Laut dari Sidikalang, Jumat, 20 September 2019, pukul 09:47:44 WIB.

Hasil analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat aktifitas sesar renun.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault)," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si, Jumat (20/9/2019).

Gempabumi tersebut dirasakan di Sidikalang II- III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkap Edison.

Hingga pukul 11.10 WIB Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Lebih lanjut, kepada masyarakat BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tutup Edison.

(mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved