Tragis, Orangutan Tapanuli Langka Nyasar ke Kebun Warga dengan Kondisi Terluka di Kepala

Sebuah foto orangutan yang diunggah ulang akun istagram @jakartaanimalaidnetwork menjadi viral.

Tragis, Orangutan Tapanuli Langka Nyasar ke Kebun Warga dengan Kondisi Terluka di Kepala
KOMPAS.com/DEWANTORO
Sebuah foto yang direpost akun Instagram @jakartaanimalaidnetwork viral dan mendapat respon ribuan orang. Diduga orangutan ini merupakan orangutan tapanuli. Saat ini, orangutan ini dirawat di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan di Batu Mbelin, Deli Serdang. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebuah foto orangutan yang diunggah ulang akun istagram @jakartaanimalaidnetwork menjadi viral.

Foto tersebut menggambarkan wajah orangutan dengan luka di atas matanya.

Keterangan yang ditulis dalam dua bahasa di bawahnya menjelaskan, orangutan tersebut sebagai orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis) berjenis kelamin jantan. 

Foto itu sendiri awalnya diunggah akun instagram @orangutaninformationcentre. Akun tersebut juga menautkannya ke @jokowi, @siti.nurbayabakar dan @orangutan_tapanuli.

Berikut keterangan di bawah foto tersebut:

Satu individu orangutan tapanuli jantan pada hari ini diselamatkan oleh tim yang terdiri dari BBKSDA Sumut dan OIC, dari perkebunan masyarakat yang berbatasan dengan ekosistem Batang Toru di Desa Aek Batang Paya, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Orangutan yang diperkirakan berumur 30 tahun ini dalam kondisi sangat kurus dan mengalami luka parah akibat benda tajam di wajah dan punggung.

Saat ini, orangutan mengalami kondisi kritis dan mendapatkan perawatan medis. Orangutan tersebut ditemukan di wilayah perladangan masyarakat yang berpotensi sebagai koridor yang menghubungkan dua blok hutan - areal yang diidentifikasi sangat penting bagi keberlanjutan spesies sangat langka ini.

Bersama-sama dengan BBKSDA Sumatera, kami akan terus bekerja di lansekap Batang Toru untuk melindungi spesies kera besar paling terancam punah ini dari semua ancaman.

#tapanuliorangutan #orangutan #SOS@jokowi @siti.nurbayabakar@orangutan_tapanuli).

Halaman
123
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved