Tim Atletik Sumut Target Bawa Pulang Medali Emas Pomnas XVI Jakarta

Lebih lanjut kata Joseph, bagi para atlet mudah yang mengikuti pomnas tahun ini diharapkan mampu memberi yang terbaik bagi Sumut.

Tim Atletik Sumut Target Bawa Pulang Medali Emas Pomnas XVI Jakarta
Tribun Medan / Chandra
Para atlet atletik Sumut yang berlaga di POMNAS Jakarta 2019. Cabor atletik dijadwalkan mulai dipertandingkan tanggal 22 - 25 September 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kontingen cabang olahraga atletik Sumatera Utara siap berlaga pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVI Jakarta yang dijadwalkan mulai dipertandingkan tanggal 22 - 25 September 2019.

Pelatih tim Pomnas Sumut Joseph Lumy mengatakan untuk tahun ini, tim Sumut berkekuatan 10 atlet. Selain itu, kata Josep , tim Sumut juga akan diperkuat salah satu atlet andalannya di nomor lari yakni Pretty Sihite.

"Tim kita 10 atlet dan dua pelatih, saya dan pak Sinung. Kita turunkan atlet lari, lompat, dan lempar. Atlet kita Pretty Sihite juga ikut," ujarnya, Sabtu (21/9/2019).

Joseph menuturkan, di ajang POMNAS kali ini para atlet Sumut akan bersaing ketat dengan atlet daerah lain di cabor atletik. Untuk mendulang medali dari semua atlet juga terbilang tidak mudah.

Apalagi formasi tim Sumut untuk atlet mahasiswa juga tidak terlalu banyak dikarenakan sudah banyak yang tamat. Selain itu di ajang POMNAS juga akan turut diikuti para atlet pelatnas yang mewakili provinsi dan kampusnya.

"Peraturan baru untuk tahun ini maksimal 23 tahun, sebrlumnya tahun lalu 25 tahun. ada atlet kita putri dina dan Astuti sudah gak bisa main lagi karena umurnya sudah lewat 23," terangnya.

Namun demikian, Joseph mengaku tetap optimistis beberapa atletnya mampu menyumbangkan khususnya medali emas bagi Sumatera Utara.

Sedangkan atlet lainnya Jika pun tak meraih medali emas, masih punya peluang untuk masuk tiga besar.

"Secara umum ada 3-4 orang atlet kita yang punya peluang dapat medali emas. Yang jelas pretty satu mungkin bisa dua nomor karena dia nomor lari menengah dan jauh. Yang kedua ada Shafwan lompat tinggi yang ketiga Syahrial. Pram juga ada peluang. Kalau yang lain 50:50 semua sepertinya karena atlet-atlet pelatnas juga turun ini, jadi berat," terangnya.

Lebih lanjut kata Joseph, bagi para atlet mudah yang mengikuti pomnas tahun ini diharapkan mampu memberi yang terbaik bagi Sumut.

Selain itu, menurutnya ajang ini juga sangat bermanfaat bagi atlet muda untuk meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang sebelum nantinya main di PON.

"Sebagian yang ikut ini atlet pelatda porwil dan atlet pelatda Pra-PON. Para atlet yang diberangkatkan umur-umur 18-20 inibdan binaan PPLM. Kalau tidak diberangkatkan sekarang, mereka tidak ada jam terbang. Dua atau tiga tahun lagi sudah tamat tidak bisa ikut lagi," katanya.

Adapun tim atletik Sumut adalah: Surya Pradana (lempar cakram), Pramoedyastri Sufallah (lontar martil), Pramoedya Sufallah (lontar martil), Ayyub Niti Raharja (Sprinter). Kemudian Shafwan Hafizh Nst (Lompat tinggi), Epiariani Br Tarigan (Lompat jauh), Berman Halasan Siahaan (lari), Ananda Monika Br Tarigan (lari), M Syahrial Bakti (tolak peluru) dan Pretty Sihite (Lari).

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved