Breaking News:

Bupati Deliserdang Ashari akan Cek Pelayanan OPD dan Kecamatan Lewat Ponsel

Kadis Kominfo Deliserdang, Haris Binar Ginting menyebut pemantauan bisa dilakukan karena beberapa OPD dan Kantor Kecamatan sudah dipasangi CCTV.

TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Pengguna android memantau bagaimana penggunaan fitur-fitur yang tersedia di Aplikasi Dels Pintar, Minggu, (22/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com- Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Deliserdang terus melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi Dels Pintar yang mereka buat. Aplikasi yang bisa di download pada ponsel berbasis Android itu dibuat agar pelayanan di tiap-tiap OPD maupun Kecamatan bisa terpantau secara keseluruhan.

Kadis Kominfo Deliserdang, Haris Binar Ginting menyebut pemantauan bisa dilakukan karena beberapa OPD dan Kantor Kecamatan sudah dipasangi kamera CCTV.

"Jadi dari Dels Pintar Bapak Bupati juga sudah langsung bisa lakukan pengecekan bagaimana kondisi di lapangan. Kantor Perizinan, RSUD Deliserdang dan kantor-kantor Kecamatan sekarang sudah dipantau lewat aplikasi Dels Pintar ini. Jadi hanya dengan HP Pak Bupati sudah bisa melakukan peninjauan langsung,"kata Haris Binar Ginting Minggu, (22/9/2019).

Ia menyebut kalau saat ini yang tengah mereka kembangkan adalah komunikasi melalui video teleconforence. Saat ini pemasangan perangkat pendukung sedang diproses dari ruang Bupati hingga ke kantor-kantor Kecamatan. Jika nantinya sudah selesai maka Bupati bisa bertatatap muka secara langsung dengan Camat-Camat.

"Jadi kita memaksimalkan penggunaan APBD. Kita mendapat bantuan dari salah satu perusahaan provider sebagai bentuk dari CSR nya sama Pemkab. Jadi zaman sekarang ini kita ini memang dituntut untuk memanfaatian teknologi untuk peningkatan pelayanan. Kita mandiri ini bukan adopsi dari daerah lain,"kata Haris

Selain bisa memantau pelayanan di berbagai OPD, lanjut Haris Dels Pintar juga akan dikembangkan untuk dapat memonitor situasi daerah-daerah lain. Disebut kalau nantinya dari Dels Pintar bisa dilihat kondisi jalan yang selama ini dikenal dengan rawan kemacetan. Dirinya mengakui bahwa saat ini Dels pintar ini belum begitu populer didengar masyarakat. Untuk itu ia mempersilahkan jika warga menguploadnya dari ponsel pribadi masing-masing.

"Beragam informasi bisa didapatkan di Dels Pintar. Mulai dari berita, perkembangan informasi pelayanan Perizinan, musik hingga belanja online. Kitakan punya Deliserdang mall jadi pilih dan beli saja barang-barang yang memang disukai,"kata Haris.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved