Korlantas Polri Resmikan Smart SIM, Kasatlantas Polrestabes Medan: Kita Tunggu Pemberlakuan Serentak

Bagi pemohon SIM Pintar ini, masyarakat dapat mencari informasi dari situs resmi milik Korlantas yakni, sim.korlantas.polri.go.id.

KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menghadirkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Smart SIM diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pada Minggu (22/9/2019) meresmikan Smart Surat Izin Mengemudi ( Smart SIM) atau lebih dikenal, SIM Pintar bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

Seperti yang dilansir dari nasional.kompas.com, Smart SIM diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9/2019).

"Smart SIM merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik di bidang lalu lintas yang berbasis IT, yang di-launching pada kesempatan hari ini," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri dalam sambutannya, Minggu dikutip dari Kompas.com.

Dalam video yang ditayangkan pada peluncuran itu, untuk memeroleh Smart SIM, pemohon harus melakukan registrasi lewat layanan SIM online di situs sim.korlantas.polri.go.id.

Layanan ini sudah terhubung pada 34 Polda dan tersebar di 456 satuan penyelenggara administrasi (Satpas), 378 layanan SIM keliling, 55 gerai layanan SIM dan seluruh pelayanan SIM terintegrasi di pusat data SIM Korlantas Polri.

Bagi pemohon SIM Pintar ini, masyarakat dapat mencari informasi dari situs resmi milik Korlantas yakni,
sim.korlantas.polri.go.id.

Di sana, pemohon SIM mengisi formulir registrasi, seperti jenis permohonan SIM, golongan SIM, alamat surat elektronik, nomor telepon seluler aktif, Polda kedatangan, Satpas kedatangan, hingga data pribadi.

Setelah semua formulir registrasi terisi dan menekan tanda setuju, pemohon akan mendapatkan kode bayar registrasi.

Nantinya, kode itu digunakan untuk membayar registrasi di layanan Bank BRI dalam waktu maksimal 3 jam sejak registrasi dilakukan.

Pembayaran bisa melalui layanan ATM, m-banking hingga internet banking BRI.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved