Siap-siap Para Pelanggan, PDAM Tirta Deli akan Naikkan Tarif Air karena Alasan Ini

Batara Imbrahdjaya Nasution mengungkapkan kalau kenaikan tarif baru tersebut akan mereka berlakukan pada awal tahun mendatang.

Siap-siap Para Pelanggan, PDAM Tirta Deli akan Naikkan Tarif Air karena Alasan Ini
TRIBUN MEDAN/INDRA SIPAHUTAR
Kantor PDAM Tirta Deli di Jalan Tirta Deli, Lubukpakam, Deliserdang. 

TRIBUN-MEDAN.com - Managemen PDAM Tirta Deli mewacanakan untuk menaikkan tarif penggunaan air terhadap pelanggannya. Dianggap kalau kenaikan tarif tersebut merupakan penyesuaian atas kondisi ekonomi saat ini. Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution mengungkapkan kalau kenaikan tarif baru tersebut akan mereka berlakukan pada awal tahun mendatang.

"Tarif mau kita naikkan itu untuk penyesuaian saja. Listrik saja sudah beberapa kali naik sementara kita sudah lima tahun ini belum ada naik-naik. Wajarlah kalau kita juga menaikkan tarif baru karena memang sudah lama," ujar Batara

Ia menyebut kenaikan tarif air terbagi dalam beberapa kelas. Namun demikian untuk kenaikannya diatas 20 sampai 35 persen. Dijanjikan dengan kenaikan tarif maka pelayanan akan terus mereka tingkatkan.

"Kalau kenaikannya itu tahun 2020 nantinya. Yang jelas itu kalaupun kita naikkan harga air kita itu nanti masih di bawah harga PDAM Tirtanadi. Lebih murah lagi lah dan pelayanan juga akan terus kita tingkatkan," janji Batara.

Saat ini berbagai upaya dilakukan oleh BUMD milik Pemkab Deliserdang tersebut guna meningkatkan pelayanan terhadap konsumennya. Kerjasama dengan pihak swasta pun dilakukan untuk mempercepat realisasi peningkatan pelayanan. Salah satu perusahaan swasta yang mereka gandeng adalah PT Tirta Nusantara Sukses. Sebagai bentuk dari kerjasama, kedua perusahaan itupun melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk rencana pembangunan spam di wilayah Kecamatan Batang Kuis yang dilakukan dengan skema Business to Business di hotel Prime Plaza Batang Kuis Jum,at, (20/9).

Batara menyebut sengaja memilih skema kerjasama Business to Business. Artinya murni kedepannya investor lah yang tanamkan investasinya dalam bentuk jangka waktu beberapa tahun. Disebut yang membangun nantinya semuanya pihak swasta tersebut termasuk mulai dari tahapan melakukan study kelayakan.

"Jadi mereka lah yang membangun yang namanya IPA (Instalasi Pengolahan Air). Pembangunan IPA ini untuk mengambil alih pelanggan dari wilayah Tembung dan Batang Kuis serta menambah catatan layanan sampai Sei Rotan. Sampai saat ini kan Tembung dan Batang Kuis itu masih dikuasi oleh PDAM Tirtanadi," ujar Batara.

Disebut kalau pihaknya akan kembali melanjutkan pemutusan penghentian Kerjasama Operasional (KSO) dengan PDAM Tirtanadi. Pada waktu lalu yang sudah diambil adalah pelanggan yang ada di wilayah Lubukpakam, Tanjung Morawa, Perbaungan dan Pantai Cermin. Jika di wilayah Batang Kuis dan Tembung diambil maka akan ada penambahan kira-kira 10 ribu pelanggan lagi untuk mereka.

"Jadi dulu persyaratan kita untuk mengambil di sana (Batang Kuis dan Tembung) itu harus ada IPA dulu. Nah inilah dia mau dilakukan pembangunan. Kita tidak keluarkan APBD di sini, full ditanggung oleh investor," kata Batara.

Kerjasama yang akan dilakukan, tambah Batara pihak perusahaan tersebut akan menjual air curah dan PDAM Tirta Deli lah yang akan membeli dalam bentuk meter perkubik. Untuk masalah pelanggan perusahaan tersebut sama sekali tidak berwenang karena tetap dibawah kendali Tirta Deli. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur PDAM Tirta Deli, Batara Imbrahdjaya Nasution dengan Presiden Direktur PT Tirta Nusantara Sukses, Ir Sukarman.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved