Warga Kisaran Keluhkan Kabut Asap Kian Pekat, Dinas Kesehatan Dirikan Posko 24 Jam di Puskesmas

Udara hari ini asapnya pekat. Kalau nggak pake masker, hirup udara nggak enak, ganggu pernapasan.

Warga Kisaran Keluhkan Kabut Asap Kian Pekat, Dinas Kesehatan Dirikan Posko 24 Jam di Puskesmas
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Kabut asap menyelimuti alun-alun Rambate Rata Raya, Kisaran, Minggu (22/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Kabut asap dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Minggu (22/9/2019) semakin pekat mencemari udara Kota Kisaran, Kabupaten Asahan. Kondisi ini membuat warga merasa tidak nyaman dan berharap situasi tersebut dapat segera teratasi.

Abdul Rasyid, warga Jalan Diponegoro, Kelurahan Kisaran Baru, Kecamatan Kisaran Barat, mengaku khawatir dengan kesehatan keluarganya, bila kabut asap dari karhutla yang menyelimuti Kota Kisaran berlangsung terus menerus.

Terlebih ketika berada di luar ruangan, menurut Rasyid mata akan mudah terasa perih. Apalagi dirinya merupakan pengendara sepeda motor.

"Udara hari ini asapnya pekat. Kalau nggak pake masker, hirup udara nggak enak, ganggu pernapasan," kata Rasyid, Minggu.

Rasyid pun berharap ada tindakan nyata dari pemerintah untuk segera menuntaskan permasalahan kabut asap ini.

"Kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, agar tanggap terhadap bencana ini. Terutama dinas kesehatan meski udara pekat, tapi terkesan seperti kurang peduli dan kurang tanggap. Maunya jangan hanya bagi-bagikan masker saja. Tapi turun ke rumah-rumah mengecek apakah ada warga yang terkena ISPA," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Asahan, Aris Yudhariansyah mengatakan bahwa pemerintah telah menyiagakan tenaga kesehatan selama di 24 jam di puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Asahan.

Hal itu dilakukan agar bila ada masyarakat yang mengalami gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) bisa mendapat penanganan secepatnya.

"Ada posko 24 jam menangani dampak asap, di 29 puskesmas. Kalau ISPA akibat dampak asap belum ada. Tapi secara normatif, ISPA memang penyakit terbesar kunjungan di puskesmas," sebut Aris.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved