BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Penambahan Peserta hingga 48 Juta Pada 2021

Jumlah ini diharapkan akan meningkat setiap tahun yakni sekitar 40 juta pada 2020 dan sekitar 48 juta pada 2021.

www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Logo BPJS Ketenagakerjaan. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Tahun ini cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia diperkirakan akan mencakup sekitar 34 juta peserta.

Jumlah ini diharapkan akan meningkat setiap tahun yakni sekitar 40 juta pada 2020 dan sekitar 48 juta pada 2021.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Direktur Bidang Akun Kepesertaan BPJS-TK Kunto Wibowo dalam acara Sosialisasi Penghargaan Paritrana 2019 dan Penguatan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan di Four Points by Sheraton Medan, Senin (23/9/2019).

"Saat ini peserta secara nasional sudah di angka 30 juta hingga 31juta. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu sekitar 27 juta peserta. Saat ini peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah mencapai 91 persen dari jumlah tenaga kerja di Indonesia," katanya dihadapan para awak media usai pertemuan tersebut.

Salah satu cara untuk menggaet 9 persen pekerja lagi yakni melalui Paritrana award 2019 ini.

Kunto Wibowo mengatakan pihaknya mendorong peran pemerintah daerah untuk membantu meningkatkan kepesertaan dengan mewajibkan perusahaan-perusahaan yang ada di Sumatera Utara mendaftarkan seluruh tenaga kerja.

"Cakupan ini termasuk juga untuk meningkatkan kepesertaan pegawai honorer atau non ASN yang dipekerjakan oleh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota," ujarnya.

Kunto Wibowo mengatakan Penghargaan Paritrana merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota serta perusahaan skala besar, menengah, maupun UMKM yang ada di wilayah Sumatera Utara.

"Ini merupakan apresiasi yang diberikan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dan ini merupakan tahun ketiga penghargaan ini digelar. Harapan kami nantinya penghargaan ini bisa diberikan langsung oleh presiden karena dua kali penyelenggaraan sebelumnya diserahkan oleh Wakil Presiden," katanya.

Ia mengatakan ini merupakan penghargaan dalam bentuk komitmen yang sudah diberikan pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan cakupan kepesertaan program Jaminan Sosial khususnya di BPJS Ketenagakerjaan terutama empat program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved