Diguyur Hujan, Kabut Asap di Kawasan Danau Toba Mulai Reda dan Penerbangan Sudah Normal

Kata Febri, pengurangan wisatawan terlihat dari pembokingan perjalanan wisata perjalanan Anak Tao Trip biro wisata yang dia kelola.

Diguyur Hujan, Kabut Asap di Kawasan Danau Toba Mulai Reda dan Penerbangan Sudah Normal
Tribun Medan/Riski Cahyadi
Regional Corporate Communication West Regional PT XL Axiata Aldi Desmet bersama Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan membagikan masket kepada para Wisatawan Asing (Wisman) saat menyeberang menuju Samosir menggunakan kapal motor di Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (20/9/2019).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Hujan mulai turun dan membasahi pebukitan Danau Toba pasca kabut asap Karhutla Riau satu pekan terakhir khususnya di Kawasan Danau Toba, Rabu (25/9/2019.

Pengelola wisata di Samosir, Febbri Siallagan mengaku lega dan meyakini aktivitas wisata akan membaik. "Syukur, hujan sudah turun dan kabut asap mulai berkurang," ujar Febbri.

Menurut Febri, satu pekan terkhir kabut asap Karhutla di Riau berdampak buruk bagi aktivitas pariwisata di Samosir. Sejak kabut mulai ada, wisatawan ke Samosir berkurang.

Kata Febri, pengurangan wisatawan terlihat dari pembokingan perjalanan wisata perjalanan Anak Tao Trip biro wisata yang dia kelola. Bisanya, dalam seminggu Febri wajib membawa wisatawan.

"Biasanya tidak pernah kosong bokingan dalam seminggu, dan berbeda sekali dengan nunggu ini sejak kabut"ujar Febri.

Pantauan Tribun, hujan mulai turun sejak pukul 15.00 WIB hampir di seluruh Kawasan Danau Toba. Kabut asap pun mulai berkurang dan jarak pandang semakin membaik.

Selalin aktivitas wisata, penerbangan di Bandar Udara Internasional Raja Sisingamangaraja XII juga sudah normal.

5 pesawat yang datang dan pergi dari Silangit hari ini sudah berjalan dengan baik meski penerbangan sempat ditunda.

"Visibility sudah bagus, 5 pesawat yang datang dan pergi dari silangit hari ini sudah berjalan dengan baik,"ujar Direktur Operasional Bandara Raja Sisingamangaraja XII,  Silangit.

Minggu dan Senin 23 September 2019 lalu, semua penerbangan dari dan menuju ke Bandara Sisingamangaraya XII di Silangit Tapanuli Utara sempat tidak ada yang beroperasi pasca kabut asap kiriman dari Riau.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved