Anggaran Pilkada Siantar 2020 Ditekan Sampai Honor PPK Jadi Terendah se-Indonesia

Kalau memang tidak sepakat, tidak ditanda-tangani NPHD, Pilkada ini tidak jadi," kata Jaffar.

Anggaran Pilkada Siantar 2020 Ditekan Sampai Honor PPK Jadi Terendah se-Indonesia
Tribun Medan/Tommy Simatupang
Pelaksanaharian Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar Kusdianto saat ditemui di Balai Kota, Senin (30/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pelaksanaharian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar Kusdianto mengatakan pemerintah tidak dapat menyetujui permintaan anggaran penyelenggara pemilu yang diajukan KPU.

Kusdianto saat ditemui di Balai Kota Pematangsiantar, Senin (30/9/2019) mengungkapkan kondisi keuangan pemerintah tidak memungkinkan untuk menampung anggaran yang diajukan.

Kusdianto mengatakan akan tetap mempertahankan angka Rp20 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rp 4 miliar untuk Bawaslu, dan Rp 4 miliar untuk Polres Pematangsiantar.

Kusdianto mengatakan, dalam pertemuan selanjutnya, Pemko Siantar akan mengharapkan penyelenggara pemilu untuk melakukan pemangkasan lagi.

"KPU tetap Rp 20 miliar. Sudah di situlah kemampuan Pemko Siantar. Nanti kami nego lagi. Masih ada enggak yang bisa kita pertimbangkan. Kami prinsipnya mau aja. Ini karena keterbatasan," katanya.

Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Dolok Sibarani saat ditemui di kantornya mengatakan akan tetap bertahan di angka Rp 22,9 miliar.

Ia mengatakan anggaran itu sudah paling rendah dan sudah dilakukan pemangkasan. Daniel menjelaskan selama negoisasi sudah KPU terus mengalah. Mulai dari Rp 30 miliar hingga jatuh ke Rp 22,9 miliar.

"Kami tetap bertahan di Rp 22,9 miliar, karena itu sudah paling rendah. Kami sudah empat kali menurunkan anggaran. Dari 30 ke 22," katanya.

Daniel mengatakan, sudah melakukan pemangkasan anggaran dengan mengurangi kegiatan dan honor Panitia Pemungut suara Kecamatan (PPK).

Senada dengan itu, Komisioner KPU Bidang Data Jaffar Siddik Saragih menilai honor PPK KPU Kita Pematangsiantar merupakan honor terendah se-Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved