Hanya Dua Legislator Perempuan, Poktak Pakpahan jadi Pimpinan Sementara DPRD Taput

Dari 35 anggota dewan hanya dua wakil rakyat dari kaum perempuan terpilih yang dilantik, yakni Fatimah Hutabarat dan Sondang Simaremare.

Hanya Dua Legislator Perempuan, Poktak Pakpahan jadi Pimpinan Sementara DPRD Taput
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Taput saat diambil sumpah jabatan di Gedung Rapat Paripurna DPRD Taput, masa jabatan 2019-2024, Senin (30/9/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, TAPUT -35 Anggota DPRD Taput terpilih diambil sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Tarutung, Zefri Mayeldo Harahap di gedung Rapat Paripurna DPRD Taput, masa jabatan 2019-2024, Senin (30/9/2019).

Sekretaris DPRD Taput, Rahman Situmeang, mengatakan berdasarkan jenis kelamin, dari 35 anggota dewan hanya dua wakil rakyat dari kaum perempuan terpilih yang dilantik, yakni Fatimah Hutabarat dan Sondang Simaremare.

"Iya, ada dua legislatif perempuan,"ujarnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji tersebut turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh politik, tokoh masyarakat, ormas dan sanak keluarga 35 dewan yang dilantik. 60 persen dari 35 legislatif wajah baru sebanyak 21 orang.

Sedangkan 40 persen lainnya atau 14 orang merupakan dewan periode sebelumnya yang duduk kembali. "Yang lama 14 orang,"tuturnya.

Adapun dewan terpilih wajah baru yang dilantik saat ini adalah politisi asal PDIP, yakni Andri Hamonangan Nababan, Prido Erwin Sinaga, Bomper Sianturi, Ombun Simanjuntak, Tono Basuki Ompusunggu, Sondang Simaremare, Arifin Rudi Nababan, Jimmi Tambunan, dan Jono Panjaitan.

Kemudian, dari Partai Hanura, yaitu Parsaoran Siahaan, Jonri Tampubolon. Royal Simanjuntak dan Herman Manalu dari PKB. Tohonan Lumbantoruan, Jason Pasaribu dari Perindo. Timmas Saut Sitompul dan Toman Balige Silitonga dari PKPI.

Selain itu, Jesayas Manalu dan Mangoloi Pardede dari Partai Nasdem. Joni Tombang Marbun dari Partai Golkar. Serta nama mendiang Sahat Hara Simorangkir yang rencananya digantikan Martohap Aritonang dari Partai Demokrat.

Sementara dewan periode sebelumnya yang memenangkan pemilihan, yaitu Poltak Pakpahan dari PDIP. Empat wakil rakyat asal Nasdem, yaitu Fatimah Hutabarat, Kasnur Silaban, Maradona Simanjuntak, dan Mauliate Sitompul.

Lalu, Politisi partai Golkar, Lamhot Sipahutar, Reguel Simanjuntak, Ronal Simanjuntak, dan Antonius Tambunan. Selanjutnya, Tota Situmeang, dan Frengky Simanjuntak dari Partai Hanura. Juga Novada Sitompul dari PKB, Dapot Hutabarat dari Demokrat dan Sahat Sibarani dari Gerindra.

Untuk pimpinan DPRD Taput sementara dipegang oleh ketua Poltak Pakpahan dari PDIP dan Fatimah Hutabarat dari Partai Nasdem sebagai wakil ketua.

Dalam sambutannya, Bupati Taput Nikson Nababan MSi menyampaikam selamat. Nikson mengaku siap dikritik untuk pembangunan Taput.

"Kritik maupun saran itu adalah untuk membangun Taput.

Mari kita jauhkan segala perbedaan dan bersama-sama membangun Taput agar lebih baik," ucap Nikson.

(jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved