Akhyar Hadiri Resepsi Perayaan 70 Tahun Berdirinya RRT

Ratusan undangan menghadiri resepsi perayaaan 70 Tahun Berdirinya Republik Tiongkok di Grand Aston City Hotel Medan, Rabu (25/9) malam.

Akhyar Hadiri Resepsi Perayaan 70 Tahun Berdirinya RRT
TRIBUN MEDAN/HO
Ratusan undangan menghadiri resepsi perayaaan 70 Tahun Berdirinya Republik Tiongkok di Grand Aston City Hotel Medan, Rabu (25/9/2019) malam. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Ratusan undangan menghadiri resepsi perayaaan 70 Tahun Berdirinya Republik Tiongkok di Grand Aston City Hotel Medan, Rabu (25/9/2019) malam. Acara yang berlangsung meriah dan penuh keakraban ini dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi beserta sejumlah konsulat jenderal negara sahabat.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu  Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu kebangsaan RRT.  Setelah itu diteruskan dengan kata sambutan yang disampaikan Konsulat Jenderal (Konjen) RRT untuk Kota Medan  Mrs Qiu Weiwei.

Dikatakan Weiwei, ekonomi RRT saat ini terus meningkat dan kini berhasil menempati negara ekonomi  terbesar kedua dunia dan secara aktif ikut mendorong keterbukaan global serta siap menjalin kerjasama dengan semua negara di dunia.

Sedangkan kemitraan strategis komprehensif RRT dan Indonesia, jelas Weiwei,  tahun ini telah memasuki tahun keenam. Dikatakannya, tahun 2018 perdagangan RRT dan Indonesia mencapai USD 77,4 miliar sehingga RRT kini menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama 8 tahun berturut-turut.

Kemudian Weiwei mengungkapkan, tahun lalu, jumlah wisatawan RRT yang mengunjungi Indonesia, termasuk Kota Medan sebanyak 2,13 juta jiwa. "Saat ini ada 15.00 siswa dari Indonesia yang belajar di RRT. Artinya, RRT sekarang telah menjadi tujuan studi ke kuar negeri terbesar kedua yang diminati siswa Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu Gubsu  Edy Rahmayadi diwakili Kadis Penanaman Modal Perizinan Terpadu  Satu Pintu Provinsi Sumut Arif Trinugroho, atas nama provinsi dan masyarakat Sumut menyampaikan, ucapan selamat dan mendoakan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi pemerintah dan seluruh rakyat RRT.

Arif selanjutnya mengungkapkan, kemitraan antara Provinsi Sumut dengan RRT sudah berjalan dengan baik selama ini. Bahkan, telah ditingkatkan  melalui berbagai kerjasama  di bidang  ekonomi. "Kami berterima kasih atas ekspansi investasi berbagai perusahaan RRT di Sumut. Pemerintah Provinsi Sumut berkomitmen tinggi untuk terus berupaya meningkatkan iklim investasi yang bersahabat bagi investor asing, termasuk bagi investor dari RRT," papar Arif.

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, atas nama Pemko Medan menyampaikan ucapan selamat atas perayaan 70 tahun berdirinya RRT. Wakil Wali Kota berharap momentum ini semakin meningkatkan  hubungan sekaligus kemitraan antara RRT dengan Kota Medan yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

"Semoga hubungan antara RRT dengan Kota Medan dapat menguntungkan masyarakat. Untuk itu kita siap membantu dan mempermudah para investor dari RRT untuk berinvestasi di Kota Medan," ungkap Wakil Wali Kota.

Selain makan malam bersama, resepsi juga diisi dengan saling ramah tamah Konjen RRT dengan seluruh tamu undangan yang hadir. Kemudian pengunjung juga dihibur dengan pertunjukan musik dan tarian etnis RRT, pertunjukan wushu serta permainan kecapi yang sangat memikat. (H)

 

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved