Syarat Paslon Perseorangan pada Pilkada Asahan, Harus Dapat Dukungan Minimal 38.718 KTP

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Asahan, harus mendapat dukungan minimal 20 persen jumlah kursi di DPRD Asahan atau minimal sembilan kursi.

Syarat Paslon Perseorangan pada Pilkada Asahan, Harus Dapat Dukungan Minimal 38.718 KTP
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Ketua KPUD Asahan, Hidayat saat ditemui di kantornya, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Sejumlah tokoh di Kabupaten Asahan telah mendaftarkan diri ke berbagai partai politik demi mendapat dukungan untuk bisa maju sebagai pasangan calon di Pilkada Asahan tahun 2020.

Berdasarkan PKPU bahwa syarat untuk bisa menjadi bakal calon (bacalon) Bupati dan Wakil Bupati di Asahan, harus mendapat dukungan minimal 20 persen jumlah kursi di DPRD Asahan atau minimal sembilan kursi.

Adapun total kursi di DPRD Asahan berjumlah 45 kursi. Dengan rincian Partai Gerindra mendapat delapan kursi, PDI Perjuangan dan Partai Golkar masing-masing memeroleh tujuh kursi, Partai Demokrat enam kursi, PAN lima kursi, PPP empat kursi, PKS tiga kursi, Partai Hanura dua kursi dan PKB, PKPI serta Perindo masing-masing satu kursi.

"Berdasarkan PKPU Nomor 15 tahun 2017, perubahan dari PKPU Nomor 3 tahun 2017, bahwa setiap bacalon kepala daerah tingkat kabupaten/kota harus mendapat dukungan partai politik minimal 20 persen dari total jumlah kursi di DPRD," kata Ketua KPUD Asahan, Hidayat, Kamis (3/10/2019).

Sedangkan untuk pasangan bacalon perseorangan atau maju lewat jalur non parpol harus mendapat dukungan minimal 7,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu sebelumnya.

Diketahui DPT Kabupaten Asahan pada Pemilu 2019 lalu diketahui berjumlah 516.248 jiwa.

Sehingga secara matematis setiap pasangan calon yang berniat maju lewat jalur independen harus dapat melampirkan syarat dukungan minimal 38.718 KTP masyarakat Kabupaen Asahan.

"Namun demikian aturan itu belum mengikat, karena belum kita sampaikan. Tentunya dukungan Parpol atau independen akan umumkan pada Oktober ini," sebutnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved