IPEMI Medan, Bantu Anggota Kembangkan Usaha hingga Peroleh Sertifikasi Halal

IPEMI Medan memiliki kekhususan, dimana para anggotanya adalah wanita muslim atau muslimah.

IPEMI Medan, Bantu Anggota Kembangkan Usaha hingga Peroleh Sertifikasi Halal
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Ketua IPEMI Medan Sri Wahyuni (tengah) dalam Talkshow Sunday Funday Bersama IPEMI Medan yang digelar di Sun Plaza, Minggu (6/10/2019). Hingga saat ini sudah ada hampir 20 anggota IPEMI Medan yang memperoleh sertifikasi halal dari MUI. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Pengusaha kini tak hanya datang dari kaum adam saja. Para wanita juga sekarang banyak mengembangkan dirinya di dunia bisnis.

Mewadahi para pengusaha wanita ini, hadirlah sebuah organisasi yang dinamakan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Medan.

IPEMI Medan memiliki kekhususan, dimana para anggotanya adalah wanita muslim. Hal ini diungkapkan oleh Ketua IPEMI Medan Sri Wahyuni dalam Talkshow Sunday Funday Bersama IPEMI Medan yang digelar di Sun Plaza, Minggu (6/10/2019).

"Sejak terbentuk setahun lalu hingga sekarang kita sudah mewadahi 100an lebih para pengusaha muslimah. Sebagai organisasi yang masih sangat muda, IPEMI Medan sudah mendapatkan peringkat ketiga sebagai PD terbaik IPEMI se Indonesia," kata Sri saat ditemui Tribun Medan.

Ia mengatakan kategori penilaian ini bermacam-macam, seperti dari UKM yang diwadahi, kegiatan dakwah, kegiatan sosial, kekompakan seluruh anggota dan banyak lainnya. Termasuk kontribusi organisasi tersebut pada daerah tempat berdirinya.

"Seperti IPEMI Medan kan sudah memberikan kontribusi dalam memperindah Taman Kota yang terletak di Jalan A.Rivai, Medan Maimun yakni Taman Kota IPEMI Medan Ahoi. Selain itu juga IPEMI Kota Medan ini aktif membantu anggota yang membutuhkan label halal dari MUI," katanya.

Dikatakan Sri kebanyakan UKM di organisasi ini bergerak dalam bidang usaha kuliner. Hingga saat ini sudah ada hampir 20 anggota IPEMI Medan yang memperoleh sertifikasi halal dari MUI.

"Sekarang sih produknya masih dijual dalam negeri saja, tapi sudah ke beberapa daerah di Indonesia. Kedepannya kita akan mendorong agar produk dari anggota-anggota IPEMI ini bisa go internasional karena memang produk kita sudah unggul baik dari segi rasa maupun pengemasan," katanya.

Ia mengatakan para muslimah yang bergabung di IPEMI dilatih untuk mengemas produknya agar kelihatan menarik. Selain itu para anggota juga diajarkan bagaimana caranya mempromosikan produk termasuk melalui sosial media. Hal ini didukung pula oleh testimoni beberapa anggota IPEMI Medan dalam gelaran talkshow tersebut.

"Pengemasan produk anggota IPEMI Medan itu sangat cocok dibawa traveling ke luar negeri misalnya salah satu produk rendang anggota kita yang banyak menjadi pilihan masyarakat kala pergi ke Mekkah atau travelling ke Eropa. Sejauh ini saya rasa belum ada tantangan yang berarti jika ingin memasarkan produk para anggota IPEMI Medan ke luar negeri," imbuhnya

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved