Bubur dan Ketoprak Cirebon Santapan Pagi Hari yang Selalu Diburu Warga

Cara menyajikannya sangat cepat dan tersedia puluhan piring dan styrofoam di atas meja sebagai wadah bubur ayam dan ketoprak cirebon.

Bubur dan Ketoprak Cirebon Santapan Pagi Hari yang Selalu Diburu Warga
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Warung Bubur Ayam dan Ketoprak Cirebon di Jalan Stasiun Kereta Api No 5C Medan, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Apabila Anda sedang berada di Kota Medan jangan sampai ketinggalan mencicipi kuliner, yang selalu diburu sebagian masyarakat Medan untuk santapan pagi hari.

Kuliner tersebut merupakan Bubur Ayam dan Ketoprak Cirebon yang terletak di Jalan Stasiun Kereta Api, Nomor 5c Medan. Setiap pagi kuliner tersebut ramai dengan pengunjung untuk mengantre membeli bubur ayam dan ketoprak cirebon.

Bahkan, cara menyajikannya sangat cepat dan tersedia puluhan piring dan styrofoam di atas meja sebagai wadah bubur ayam dan ketoprak cirebon. Hal ini karena saking ramainya yang ingin menyantao kukiner tersebut.

Kebanyakan yang datang pengunjungnya merupakan pegawai kantoran. selain itu ramai juga dengan pesanan melalui jasa online seperti Grabfood dan Gofood. Tak hanya itu saja, vloger-vloger ternama Indonesia juga sering datang berkunjung, dengan tujuan membuat konten kuliner yang ada di Kota Medan.

Bubur Ayam dan Ketoprak Cirebon ini sudah sepuluh tahun di Kota Medan. Berawal dari kaki lima sampai berjualan di ruko. Dahulu, pertama kali memulai jualan Bubur Ayam dan Ketoprak Cirebon di Jalan Putri Hijau, tepatnya di pinggir jalan atau di kaki lima.

Kemudian, penjualan bubu ayam dan ketoprak cirebon semangkin meningkat, pindah ke tempat sekarang ini. Di tempat sekarang ini baru jalan setahun, dan masih saja ramai dengan pengunjungnya. Bahkan, semangkin bertambah dikarenakan kecanggihan teknologi media sosial serta perbincangan dari mulut-kemulut.

Warung Bubur Ayam dan Ketoprak Cirebon ini, setiap hari menyediakan kurang lebih 1000 porsi bubur ayam dan ketoprak Cirebon. Kemudian, warung ini setiap hari buka dua gelombang. Gelombang pertama pada pukul 07.00-11.30 WIB dan gelombang kedua buka pada pukul 17.00-23.00 WIB.

Menu paling favorit bubur ayam, namun ketopraknya tidak kalah jauh enaknya. Sebenarnya, kedua menu ini sangat berimbang peminatnya dan sama-sama digemari. Harga bubur ayam dan ketoprak cirebon ini dibandrol dari harga Rp 11 ribuan sampai Rp 19 ribuan.

Dari harga tersebut, menu bubur ayam dan ketoprak cirebon banyak variannya. Untuk bubur ayam dengan varian ditambah telur, ayam dan bubur ayam 1/2 porsi, serta bubur ayam jumbo. Begitu juga sama halnya varian dengan menu ketoprak.

Selain menu iti, ada juga sate yang dibandrol pertusuk Rp 2000 dan aneka minuman serta menu minuman favorit yaitu Wedang Jahe. Biasanya, menyantap ketoprak cirebon dan bubur ayam pengunjung memesan minuman hangat seperti teh manis hangat dan wedang jahe.

Selanjutnya, untuk tampilan bubur ayam ini sangat menggiurkan dan menggugah selera. Dari tampak permukaan kelihatan kering tanpa kuah. Lalu, Ayam suwir, bawang putih dan kerupuk yang memenuhi permukaan bubur, sampai-sampai buburnya tidak tampak.

Tak kalah juga dengan ketoprak cirebon yang kelihatan segar dan menggiurkan. Di satu wada piring terdapat, lontong, su'un, toge dan lainnya bertabur bumbu kacang. Kalau bahasa jawanya, bumbunya sangat 'Medok'.

(cr22/Tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved