Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Apresiasi Gubernur Edy Membantu Kepulangan Warga dari Wamena

Ia meminta kepada bupati dan wali kota agar dapat memberikan perhatian lebih kepada warga yang dipulangkan dari Wamena ke Sumut.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Apresiasi Gubernur Edy Membantu Kepulangan Warga dari Wamena
Tribun Medan/Joseph Wesly Ginting
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Ketua DPRD, Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Gubernur Edy Rahmayadi membantu kepulangan warga asal Sumut di Wamena.

Setelah kepulangan, dirinya meminta kepada bupati dan wali kota agar dapat memberikan perhatian lebih kepada warga yang dipulangkan dari Wamena ke Sumut.

Sebab, pastinya para warga sangat membutuhkan bantuan pemerintah. Ia turut mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh Edy Rahmayadi. Di mana, memprioritaskan pendidikan bagi anak-anak.

"Komitmen Gubernur harus melayani mereka, baik itu dari segi pendidikan dan kesehatan mereka. Bagi mereka yang bekerja sebagai PNS harus kita tampung dan dipindangkan ke Sumut," ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Kepada bupati dan wali kota diharapkan dapat menjalankan perintah Edy Rahmayadi.

"Jangan ego kita yang dibawa, itukan masalah kemanusiaan. Kita kan gak tau itu peristiwa itu terjadi. Seluruh kabupaten/kota harus dapat menjalankan perintah yang telah disampaikan oleh Edy Rahmayadi," ungkapnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menggendong anak pengungsi korban kerusuhan Wamena saat tiba di Kantor Pemprov Sumut, Medan, Rabu (9/10/2019). Sebanyak 36 pengungsi korban kerusuhan di Wamena, asal Sumatera Utara tiba di Kantor Pemprov Sumut untuk selanjutnya dikembalikan ke daerahnya masing-masing.
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menggendong anak pengungsi korban kerusuhan Wamena saat tiba di Kantor Pemprov Sumut, Medan, Rabu (9/10/2019). Sebanyak 36 pengungsi korban kerusuhan di Wamena, asal Sumatera Utara tiba di Kantor Pemprov Sumut untuk selanjutnya dikembalikan ke daerahnya masing-masing. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Setelah berada di daerah masing-masing, apabila ada warga yang tidak mendapatkan pelayanan dari bupati dan wali kota diharapkan melaporkannya. Baskami mengatakan, DPRD Sumut akan langsung memanggil kepala daerah untuk dimintai keterangan, mengapa tidak mau memberikan bantuan.

"Jika ada bupati dan wali kota sang membiarkan warganya, akan kita undang mereka ke DPRD untuk menanyakan mengapa hal tersebut bisa terjadi," ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap seluruh warga asal Sumut yang tengah melakukan perjalan pulang selamat sampai di pelabuhan Belawan.

"Kita berharap seluruh warga dapat kembali ke Sumut dengan keaadaan yang sehat," ujarnya.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved