Tongkrongan Anak Zaman Now, 5 Kopi Sajikan Sapi dan Ayam Andaliman Bumbu Khas Nusantara

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi makanan spesial dengan bahan dasar Andaliman, tersedia di 5 Kopi berlokasi di Jalan Sei Ular No 70/72 A Medan.

Tongkrongan Anak Zaman Now, 5 Kopi Sajikan Sapi dan Ayam Andaliman Bumbu Khas Nusantara
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Karyawan memegang satu di antara minuman yang merupakan menu andalan di 5 Kopi. Tempat ini berlokasi di Jalan Sei Ular No 70/72 A, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Nama Andaliman mungkin belum banyak diketahui orang. Ini adalah nama bumbu masakan khas dan bumbu yang cukup penting dalam kuliner di Sumatera Utara.

Andaliman berbentuk bulat kecil dan punya citarasa yang khas. Andaliman meninggalkan jejak rasa getir, kelu atau kebal di lidah.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi makanan spesial dengan bahan dasar Andaliman, kafe dengan sebutan 5 Kopi yang berlokasi di Jalan Sei Ular No 70/72 A, Medan ini menyajikan menu unggulan Sapi Andaliman dan Ayam Andaliman.

Koki 5 Kopi, Andre, mengatakan pihaknya menyajikan menu unggulan yakni Sapi Andaliman dan Ayam Andaliman. Andaliman, bumbu khas nusantara ini dijadikan sebagai bumbu unggulan pada menu tersebut.

"Daging sapi difillet, lalu ditimbang satu ons lalu andaliman itu kita buat kayak merica, kita gonseng dulu sama cabai dan bawang serta bumbu lainnya dan itu diblender halus," ujar Andre.

Ia mengatakan proses pembuatan Sapi Andaliman ini membutuhkan waktu 20 menit, namun apabila bahan-bahannya sudah disediakan dan hanya tinggal memasak maka diperlukan waktu selama tiga menit saja.

"Semua bahannya itu kita tumis dengan pabrika, bawang bombai, daging, dan kita masukkan dengan sedikit kecap, tentunya andaliman juga dan bumbu khususnya. Kemudian kita tambahkan sedikit air dan kita tunggu hingga dagingnya matang dan bumbunya meresap," ucap Andre.

Satu porsi Sapi Andaliman dihidangkan dengan nasi, bawang goreng, timun, selada dan tentunya Sapi Andaliman. Menu Sapi Andaliman ini punya rasa pedas yang membuat lidah bisa bergetar.

"Menu Sapi Andaliman ini jarang ditemui di restoran, rasa andaliman itu punya khas sendiri, Sapi Andaliman ini sapi yang dicampur bumbu andaliman, paprika, bawang dan ada nasi," ujar Supervisor 5 Kopi, Aan.

Ia menjelaskan tak hanya sapi dan ayam, pihaknya juga menyediakan beragam jenis makanan, antara lain
udang, nasi goreng, spagetti dan snack berupa kentang goreng, sossi, bakwan, ubi, roti bakar dan sebagainya.

Halaman
123
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved