Sopir Ojek Online Diharapkan Menjadi Ujung Tombak Pariwisata di Danau Toba

Rahmat Darmawan mengatakan konsep Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan, sudah lama ada pada peradaban Batak

TRIBUN-MEDAN.com-Kementerian Pariwisata memaksimalkan potensi wisata Danau Toba dengan peningkatan kapasitas usaha masyarakat melalui pelatihan di Hotel Marsaringar, Balige, Toba Samosir, Sabtu (12/10/2019).

Pelatihan kali ini menyasar sopir ojek online (ojol) yang agar mampu melayani kebutuhan wisatawan.

Rahmat Darmawan selaku Dosen Poltek Pariwisata Medan menjelaskan tentang 'Sapta Pesona' mendetail. Sedangkan Husein Hutahagalung dosen dari Trisakti fokus kepada materi hospitality.

Rahmat Darmawan mengatakan konsep Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan, sudah lama ada pada peradaban Batak. 

"Jangan sampai ada parsahalian (membuat wisatawan jera)," sebutnya.

Ia yakin jika tujuh unsur sapta pesona dipraktekkan, maka wisatawan akan terpikat.

Kasubid Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kemenpar RI Rulyta Marsuri Rachmaesa menyampaikan, pelatihan Sapta Pesona sangat penting bagi para sopir ojek online.

"Agar mereka bisa menjadi ujung tombak pariwisata karena wisatawan yang datang dan menggunakan jasa mereka pastilah bertanya di mana tempat wisata atau apa yang paling khas dari sini, atau kuliner apa yang dicari misalnya," katanya.

Peserta pelatihan, Boy Lamhot Sianipar menyorot unsur ketertiban dalam Sapta Pesona.

"Apabila daerah kita Balige ini tertib, otomatis wisatawan tidak akan ragu atau takut datang mengunjungi wisata Danau Toba," ujarnya.

Menurut Sianipar, sampah menjadi masalah pada obyek wisata di Danau Toba. Selain itu, ia juga prihatin karena ada peternak yang membuang kotoran ternaknya ke Danau Toba.

"Di sekitar Lumban Bulbul dan Lumban Silintong ada itu keramba, kalau bisa itu dikurangi. Terus ada yang masih membuang kotoran ternaknya ke Danau Toba, dan itu harus diperhatikan," ujarnya. (jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved