Paket 3 Hari 2 Malam Paling Diminati selama Jakarta Travel Fair 2019 di Kota Medan

Tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Jakarta selalu meningkat khususnya hingga 2017.

Paket 3 Hari 2 Malam Paling Diminati selama Jakarta Travel Fair 2019 di Kota Medan
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Pameran JTF 2019 di Centre Point Medan dari Jumat sampai dengan Minggu, 11 hingga 13 Oktober 2019. Dikatakan Seksi Promosi Dalam Negeri Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Heru, paket yang paling banyak diminati adalah paket 3 hari 2 malam. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Jakarta Travel Fair 2019 sudah selesai digelar. Selama lima hari, pameran perjalanan wisata ke Jakarta ini digelar di dua tempat berbeda yakni Table Top Meeting selama dua hari antara Industri Pariwisata Jakarta sebagai sellers dan beberapa corporate, government, dan Biro Perjalanan Wisata (BPW) sebagai buyers di Hotel Grand Mercure Medan dan juga pameran JTF 2019 di Centre Point Medan dari hari Jumat sampai dengan Minggu, tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019.

Seksi Promosi Dalam Negeri Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Heru mengatakan selama JTF 2019 digelar di Medan, animo masyarakat Medan sangat terasa terutama di hari Minggu atau hari terakhir.

"Hari ini banyak paket yang sudah dibeli oleh masyarakat Medan dan bisa digunakan hingga tiga bulan kedepan. Semua yang masuk dari pintu depan mal mampir ke pameran ini. Bisa dilihat dari stan membatik dan kerak telor banyak sekali yang berpartisipasi. Beberapa sudah datang pada hari Sabtu tapi masih untuk tanya-tanya. Mungkin hari ini akan dilakukan eksekusinya," ungkap Heru pada Tribun Medan, Minggu (13/10/2019)

Baca: Jakarta Travel Fair 2019 Hadirkan Paket Perjalanan Wisata Murah Khusus Warga Medan

Baca: Jakarta Travel Fair 2019, Bentuk Nyata Sinergi Promosi Wisata antara Pemerintah dan Swasta

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Shinta Nindyawati bersama Branch Manager Sriwijaya Air, Yudo Perwakilan Industri Pariwisata, Veronika dan Corporate Comunication Strategic Lion Group, Danang Mandala saat saat press conference Jakarta Travel Fair 2019 di Hotel Grand Mercure Medan, Rabu (9/10/2019).
Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Shinta Nindyawati bersama Branch Manager Sriwijaya Air, Yudo Perwakilan Industri Pariwisata, Veronika dan Corporate Comunication Strategic Lion Group, Danang Mandala saat saat press conference Jakarta Travel Fair 2019 di Hotel Grand Mercure Medan, Rabu (9/10/2019). (TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA)

Dikatakan Heru paket yang paling banyak diminati adalah paket 3 hari 2 malam. Hal ini menurutnya sesuai kebiasaan wisatawan saat melakukan kunjungan. Untuk motivasi wisata kebanyakan minat masyarakat Medan ke Jakarta untuk belanja dan melakukan perjalanan bisnis.

Kalau keluarga kata Heru pasti mengunjungi Kota Tua, Monas, dan Ancol. Sedangkan kalau ibu-ibu biasanya pasti mengunjungi Jakarta untuk belanja. Sedangkan kawasan yang disukai kebanyakan Thamrin City yang lagi tren karena merupakan sentra batik terbesar di Asia tenggara. Thamrin City ini letaknya juga di tengah kota. Selain kawasan ini, Tanah Abang tentunya jadi destinasi belanja favorit

"Tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Jakarta selalu meningkat khususnya hingga 2017. Pada 2018 sempat mengalami penurunan tapi tidak terlalu signifikan hanya sebesar 3,59 persen dari tahun 2017. Sedangkan kunjungan wisatawan mancanegara mengalami peningkatan setiap tahun," jelasnya.

Baca: Menginap di Hotel Berbintang Mulai Rp 99 Ribu di One Hour Crazy pada Sale JTF 2019

Baca: Ada Manusia Patung pada Jakarta Travel Fair 2019 yang Digelar di Medan, Memerankan Tokoh Pahlawan

Manusia patung asal Kota Tua, Idris, saat berperan di Jakarta Travel Fair (JTF) yang diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 13 Oktober 2019 di Centre Point, Medan.
Manusia patung asal Kota Tua, Idris, saat berperan di Jakarta Travel Fair (JTF) yang diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 13 Oktober 2019 di Centre Point, Medan. (TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA)

Pada tahun 2016 kunjungan wisatawan nusantara ke Jakarta mencapai 32.777.961 orang, sebanyak 35.464.110 pada 2017, dan 34.192.053 pada 2018. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta pada 2016 sebanyak 2.512.005, pada 2017 ada 2.658.055 yang berkunjung ke Jakarta, dan pada 2018 sebanyak 2.813.411 orang atau meningkat 5,84 persen dari tahun 2017.

"Jumlahnya ini secara nasional, tidak kota per kota. Tapi untuk JTF kali ini ada empat kota yang kita kunjungi Samarinda, Pontianak, Medan, dan Makassar. Kota Medan dipilih berdasarkan rekomendasi dari hotel-hotel yang ada di Jakarta. Menurut beberapa hotel, Medan memiliki potensi meski Medan Jakarta terlalu jauh dibandingkan Medan ke Singapura atau Malaysia. Tapi potensinya besar, terbukti dengan adanya 32 penerbangan dari Medan ke Jakarta setiap hari," katanya.

Namun ia optimis, Jakarta punya keunggulan diantaranya destinasinya banyak, ikatan moril antara orang Jakarta dan Medan tinggi karena banyak masyarakat dan bahkan pejabat di Jakarta yang asalnya dari Medan.

Selain Medan, menurutnya beberapa kota di Pulau jawa sangat potensial apalagi dengan mudahnya akses ke Jakarta. Selain paket-paket wisata beberapa UKM juga turut dihadirkan beserta produk-produk khas Jakarta. Kata Heru pihaknya semaksimal mungkin melibatkan para UKM agar terlibat dalam promosi pariwisata.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved